Program Studi Sarjana Gizi (Gelar S.Gz)

Program Studi Sarjana Gizi (Gelar S.Gz)

Pendahuluan

Meningkatnya masalah-masalah yang timbul akibat transisi epidemiologi di bidang gizi, pesatnya pertumbuhan industri pangan, jumlah dan tuntutan mutu institusi pelayanan gizi dan makanan disamping peningkatan prevalensi penyakit baik infeksi maupun degeneratif yang berakar pada kurarng gizi sejak masa kehamilan, dan timbulnya masalah obesitas sejak usia dini meningkatkan beragam problematika gizi kini dan akan datang sehingga memerlukan penanganan yang profesional.

Untuk dapat mengatasi masalah-masalah gizi kini dan akan datang tersebut, yang berarti juga meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia Indonesia yang masih terpuruk, diperlukan tenaga sarjana gizi yang mampu mengelola program gizi dan kesehatan baik di bidang institusi maupun masyarakat mulai dari perencanaan hingga evaluasi dengan dilandasi pemahaman teoritis yang kuat.

Kebutuhan terhadap sarjana di bidang gizi baik (dari kualitas yang prima maupun kuantitas) terlihat dari kecenderungan peningkatan jumlah peminat bidang studi gizi di FKM UI yang terus meningkat dari tahun ke tahun dan bahkan menjadi hampir 100% pada tahun 2007 dibanding dengan tahun sebelumnya.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut mulai tahun 2008 Departemen Gizi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia membuka Program Studi Sarjana Gizi berdasarkan surat MWA UI No 191/MWA-UI/2007

Visi dan Misi

Visi

Menjadi pusat unggulan dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian Ilmu Gizi di Indonesia dan Internasional.

Misi

  1. melaksanakan program pendidikan ilmu gizi;
  2. institutionalisasi program studi gizi sebagai pusat nasional bagi pembangunan ilmu gizi, dengan penekanan pada kemampuan memecahkan masalah gizi dan meningkatkan derajat kesehatan individu serta masyarakat dalam era globalisasi;
  3. melaksanakan penelitian ilmiah dalam ilmu gizi;
  4. melaksanakan pengabdian masyarakat dalam ilmu gizi;
  5. membentuk kepribadian civitas akademika yang baik dengan nilai moral tinggi.

Kompetensi

Lulusan program ini bergelar Sarjana Gizi (S.Gz). Gelar ini sesuai dengan kompetensi yang diharapkan dari lulusan yaitu kemampuan untuk:

Menguasai dasar dasar ilmiah, substansi dan ketrampilan dalam bidang gizi sehingga mampu mengidentifikasi, memahami, menjelaskan dan merumuskan cara penyelesaian masalah gizi.
Menerapkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan di bidang gizi dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat yang sesuai dengan tata kehidupan bersama
Mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang gizi sesuai dengan bakatnya dengan berpedoman pada pendidikan sepanjang hayat
Berkarya di bidang gizi
Membangun kehidupan di masyarakat yang bermoral dan beretika

Kurikulum

Penyelenggaraan perkuliahan dengan sistem kredit semester (SKS) dengan bobot total sebesar 144 sks yang mengacu pada kurikulum organisasi profesi dengan pengelompokkan sebagai berikut:

Kelompok Biomedik
Kelompok Ilmu Pangan
Kelompok Ilmu Gizi
Kelompok Ilmu Sosial
Kelompok Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kelompok Riset

Diantara Mata Kuliah Wajib Program Studi dan Wajib Institusi adalah: Anatomi, Dasar Ilmu Gizi, Dasar Dietetik, Ilmu Pangan, Dasar-dasar Kulinari, Metabolisme Energi dan Zat Gizi Makro, Analisa Pangan, Dietetika Penyakit Degeneratif, Metabolisme Gizi Ibu Hamil, Epidemiologi Gizi, Pengendalian Mutu Makanan, Imunologi dan Gizi.

Prospek Kerja dan Lulusan

Sarjana Gizi lulusan Program Studi Gizi FKM UI dapat bekerja di pelbagai bidang seperti: Perencana Program Pangan dan Gizi di Lembaga Swadaya Masyarakat, International Non Government Organization, Puskesmas, Dinas Kesehatan kota , kabupaten dan propinsi; peneliti di lembaga penelitian gizi dan kesehatan; staf pengajar di institusi pendidikan pemerintah dan swasta, konsultan dan ahli gizi di bidang industri pangan & jasa makanan, termasuk catering rumah sakit dan klinik.

Departemen Gizi Kesehatan Masyarakat memiliki 17 dosen tetap: 1 orang guru besar (Professor), 9 orang bergelar Doktor (S3), 9 orang bergelar Magister (S2), 1 diantaranya sedang mengikuti studi doktor (S3). Disamping itu terdapat beberapa orang dosen luar biasa yang sangat kompeten dalam bidangnya. Staf pengajar tersebut lulusan dari pelbagai perguruan tinggi ternama baik dalam maupun luar negeri dengan berbagai bidang keahlian.

STAF PENGAJAR:

syafiqAhmad Syafiq, Ir, MSc, PhD, menyelesaikan pendidikan Sarjana di Fakultas Pertanian IPB jurusan Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga (GMSK) di Bogor pada tahun 1991. Menyelesaikan Master of Science dalam Community Nutrition di SEAMEO-TROPMED for Community Nutrition, Universitas Indonesia pada tahun 1994, dan PhD in Nutrition Program, Australian Center for International and Tropical Health and Nutrition, The University of Queensland, Brisbane 2005. Terlibat di berbagai penelitian baik sebagai peneliti utama maupun tim peneliti. Saat ini menjadi salah satu dari dosen inti penelitian di Fakultas Kesehatan Masyarakat UI dan menjabat sebagai Ketua Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan FKMUI. Berbagai tulisannya telah dipublikasikan di berbagai jurnal maupun media cetak. Aktif sebagai pembicara atau peserta di berbagai seminar internasional maupun nasional. 
asihAsih Setiarini, Ir, MSc, menyelesaikan pendidikan S1 di Fakultas Pertanian IPB, jurusan Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga pada tahun 1992, kemudian pada tahun 1998 menyelesaikan Master of Science in Community Nutrition, di SEAMEO-TROPMED for Community Nutrition, Universitas Indonesia. Saat ini menjabat sebagai Sekretaris Program Studi Gizi, Departemen Gizi FKMUI. Jabatan yang pernah menjadi tanggung jawabnya adalah sebagai Manajer Pendidikan di Fakultas Kesehatan Masyarakat. Terlibat dalam berbagai kegiatan yang bertemakan gizi dan kesehatan ibu baik dalam penelitian maupun pengabdian masyarakat. Aktif menulis di berbagai artikel ilmiah di berbagai jurnal dan buku.
siti

 Siti Arifah Pujonarti, Ir, MPH, Sarjana Fakultas Teknologi Pertanian UGM tahun 1988, Master of Public Health dari School of Public Health and Tropical Medicine Tulane University, New Orleans-USA pada tahun 1995. Mengikuti pelatihan dalam bidang pangan dan gizi di Wageningen Holland selama 11 minggu pada tahun 2005. Terlibat di berbagai penelitian baik sebagi peneliti utama maupun tim peneliti. Sebagai pembicara/peserta di berbagai seminar, pelatihan maupun lokakarya dan penulisan buku. Jabatan yang pernah diembannya adalah Sekretaris Departemen Gizi Masyarakat FKMUI 2000-2008.

diahDiah Mulyawati Utari, Ir, Mkes, Menyelesaikan pendidikan S1 di Fakultas Pertanian IPB, Jurusan Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga di IPB Bogor tahun 1991 dan menyelesaikan Magister Kesehatan Masyarakat di FKMUI tahun 1995. Terlibat di berbagai penelitian, pengabdian masyarakat di banyak lokakarya, temu pakar, seminar baik dalam maupun luar negeri sebagai pembicara dan nara sumber. Sebagai salah satu penulis “ A Case Study on Anemia in Indonesia” yang dijadikan salah satu acuan untuk buku: What Works?A Review of  the Efficacy and Effectiveness on Nutrition Intervention oleh Allen dan Gillespie, UN ACC/SCN, 2001. Pada Juni tahun 2011 lalu telah menyelesaikan S3 dari IPB, Bogor.
endangEndang Laksminingsih Achadi, dr, MPH, Dr Ph, Prof, Pendidikan dokter umum dari FKUI tahun 1977, Magister of Public Health tahun 1985 dan Doctor of Public Health tahun 1990 keduanya di School of Public Health , Johns Hopskin University, USA. Banyak Jabatan yang saat ini menjadi tanggung jawabnya, diantaranya adalah Direktur Pelaksana Harian SEAMEO-TROPMED UI, Country Technical Partner Leader untuk program IMMPACT-PUSKA-UI .Terlibat di berbagai penelitian baik sebagai peneliti utama maupun sebagai tim peneliti. Berbagai kegiatan lain adalah sebagai pembicara di berbagai seminar terutama di luar negeri, sebagai nara sumber di berbagai kegiatan ilmiah, menulis di berbagai jurnal baik nasional maupun internasional.
fatmahFatmah, SKM, MSc, Dr, Menyelesaikan pendidikan sarjana di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Master of Science in Community Nutrition di SEAMEO-TROPMED for Community Nutrition Universitas Indonesia tahun 2000, S3 diambilnya di IPB Bogor tahun 2008. Saat ini yang bersangkutan adalah salah satu dosen inti penelitian di FKMUI. Terlibat di berbagai kegiatan penelitian dan kegiatan profesi. Menjadi Health Program Officer at Catholic Relief Services-Jakarta Field Office November 2003-Januari 2004. Health Program Manager di Catholic Relief Services-Jakarta Field Office Agustus-October 2003 dan Program Officer for the Essential Reproductive Health Project didanai oleh USAID dari UNFPA di Ministry of Woman’s Empowerment (MOWE), November 2001-December 2002. Sebagian tulisannya di terbitkan baik dalam bentuk buku maupun dalam bentuk artikel di jurnal.
kushariKusharisupeni, dr, MSc, Dr, Prof, menyelesaikan pendidikan dokter umum di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, Malang. Kemudian Master of Science dalam Community Nutrition di SEAMEO-TROPMED for Community Nutrition, Universitas Indonesia tahun 1985 dan menyelesaikan program doktor pada tahun 1999 di FKMUI. Mengikuti sandwhich program doktor di University of Queensland pada tahun 1994. Dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam Ilmu Gizi Kesehatan Masyarakat pada bulan November 2008. Saat ini menjabat sebagai Ketua Departemen Gizi Kesehatan Masyarakat di FKMUI sekaligus sebagai Ketua Program Studi Gizi, FKMUI. Terlibat di berbagai penelitian serta pembicara di berbagai seminar atau lokakarya. Sebagian tulisannya dipublikasikan di berbagai jurnal dan buku.
ratuRatu Ayu Dewi Sartika, dra, Apt, MSc, Dr, Prof,  Menyelesaikan Program S1 dan Program Apoteker dari Departemen Farmasi, FMIPA, Universitas Indonesia tahun 1991., Master of Science in Community Nutrition di SEAMEO-TROPMED for Community Nutrition, Universitas Indonesia tahun 1998., menyelesaikan program Doktor Epidemiologi Komunitas di FKM-UI tahun 2007.  Saat ini menjadi dosen inti penelitian FKMUI. Terlibat di berbagai penelitian, baik sebagai peneliti utama maupun sebagai tim peneliti, terlibat sebagai pembicara atau peserta di berbagai seminar, pelatihan atau lokakarya. Karya tulisnya banyak di terbitkan di jurnal baik nasional dan internasional.
sandraSandra Fikawati, drg, MPH, Menyelesaikan program S1 di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia tahun 1987, menyelesaikan program Master of Public Health di University of California Los Angeles (UCLA), USA tahun 1996. Saat in menjabat sebagai Ka Subdit Pelayanan Karir Alumni Baru  dan Manajer Career Development Center serta sedang menyelesaikan studi S3 di Fakultas Kesehatan Masyarakat UI. Terlibat di banyak penelitian, pelatihan, sebagai pembicara dan penulisan artikel di berbagai jurnal ilmiah.
triniTrini Sudiarti, Ir, MSc, menyelesaikan pendidikan sarjana dari Fakultas Teknologi Pertanian UGM, Bidang Teknologi Pangan tahun 1979 dan pendidikan pascasarjana IPB Bidang Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Manusia tahun 1997. Mengikuti Akta Mengajar V Universitas Terbuka, bidang teknologi pendidikan tahun 1985. Saat ini sedang mengikuti Program S3 dalam Kesehatan Masyarakat di FKMUI. Pernah menjabat sebagai dosen luar biasa di Universitas Sam Ratulangi Manado tahun 1981. Terlibat di berbagai penelitian, pengabdian masyarakat, sebagai peserta di berbagai seminar, lokakarya dan pelatihan. Jabatan yang diampu adalah Sekretaris Departemen Gizi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat UI.
triyantiTriyanti, SKM, MSc, menyelesaikan pendidikan sarjana di FKM UI tahun 1994 dan Master of Science in Community Nutrition di SEAMEO-TROPMED RCCN Universitas Indonesia tahun 2001. Terlibat sebagai peserta di berbagai seminar, lokakarya dan pelatihan. Saat ini menjadi anggota dalam Tim Penjamin Mutu Program Studi Gizi, Departemen Gizi Kesehatan Masyarakat, FKM UI.
yvonneYvonne Magdalena Indrawani, drh, S.U, Dr, Lulus dari Fakultas Kedoktern Hewan UNAIR tahun 1979, Magister Kedokteran Hewan dari UGM tahun 1986 dan Doktor dalam Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Indoneisa tahun 2004. Mengikuti program Fellowship Study (Program di University of Phillipine Laguna Los Banos dan Ministry of Public Health di Manila). Saat ini menjabat sebagai Kepala Laboratoriun Biokimia dan Gizi FKMUI. Terlibat di banyak penelitian, pengabdian masyarakat. Sebagai pembicara/peserta di berbagai seminar, pertemuan dan pelatihan.
kusdinarKusdinar Achmad, dr,  MPH, lulus dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia tahun 1980, mendapatkan gelar Master of Public Health dari School of  Public Health University of California Los Angeles, USA tahun 1989. Saat ini menjabat sebagi Ketua Tim Penjamin Mutu Program Studi Gizi FKMUI. Terlibat dalam banyak penelitian, pengabdian masyarakat, seminar, lokakarya, pelatihan baik sebagai pembicara maupun peserta.
wahyuWahyu Kurnia, SKM, MKM, menyelesaikan pendidikan S1 di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Peminatan Gizi Kesehatan Masyarakat dengan predikat cum laude tahun 2008. Berselang tiga tahun kemudian, gelar Magister Kesehatan Masyarakat di bidang Gizi didapatkannya di almamater yang sama juga dengan predikat cum laude. Aktif di berbagai kegiatan penelitian maupun akademik dan menjadi salah satu penulis buku  “Vegetarian Gaya Hidup Sehat Masa Kini” pada tahun 2010.

ASISTEN DOSEN DEPARTEMEN GIZI

Mardhatillah, SKM

Menyelesaikan pendidikan D3 di IPB jurusan manajemen usaha boga tahun 2006 dan S1 di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Peminatan Gizi Kesehatan Masyarakat tahun 2008. Selain menjadi asisten dosen, beliau aktif di berbagai kegiatan penelitian maupun akademik.

Primasti, SKM

Menyelesaikan pendidikan D3 di IPB jurusan Higiene Makanan. tahun  2004 dan  S1 di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Peminatan Gizi Kesehatan Masyarakat tahun 2006.

Anna Fitriani, SKM

Menyelesaikan pendidikan  S1 di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Peminatan Gizi Kesehatan Masyarakat tahun 2010 dengan predikat cum laude. Selain sebagai asisten dosen, juga bekerja sebagai staff akreditasi Program Studi S1 Gizi FKM UI.

Fitria, SKM

Menyelesaikan pendidikan  S1 di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Peminatan Gizi Kesehatan Masyarakat tahun 2010 dengan predikat cum laude. Selain sebagai asisten dosen, juga bekerja sebagai staff  akreditasi Program Studi S1 Gizi FKM UI.

 

 

 

 

 

 

 

 

STAFF KEPENDIDIKAN

 

Endang Ambarsari, SKM

Menyelesaikan pendidikan  S1 di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Peminatan Epidemiologi tahun 1998. Bekerja sebagai staf  kependidikan sejak tahun  2005. Berbagai pelatihan yang berhubungan dengan kependidikan telah diikuti.

 

 

 

 

Suratmi, S.Sos

Menyelesaikan pendidikan  S1 di STIA  jurusan Administrasi Negara tahun 2003. Bekerja sebagai staf kependidikan sejak tahun 2009. Berbagai pelatihan yang berhubungan dengan kependidikan telah diikuti.