Departemen Kesehatan Lingkungan

Gedung C Lt. 2 Kampus FKMUI Depok. Telp. & Fax.: 786 3479

Ketua                      : Prof. Dr. dr. I Made Djaja, SKM, M.Sc
Sekretaris              : Emma Hermawati, S.Si, MKM

Dasar keilmuan kesehatan lingkungan adalah mengidentifikasi, mengukur, menganalisis, menilai, memprediksi bahaya berbagai pajanan di lingkungan, dan melakukan pengendalian dengan tujuan mencegah dan melindungi kesehatan masyarakat dan ekosistem.

Ilmu kesehatan lingkungan mempelajari interaksi dinamis berbagai pajanan atau agen lingkungan (fisik, radiasi, kimia, biologi, dan perilaku) melalui wahana udara, air, limbah, makanan dan minuman, vektor atau binatang pembawa penyakit, dan manusia di lingkungan pemukiman, tempat kerja atau sekolah, tempat-tempat umum maupun perjalanan dengan risiko dampak kesehatan (kejadian penyakit) pada kelompok manusia atau masyarakat.

Pengajaran, penelitian, dan kegiatan pengabdian pada masyarakat di Depertemen Kesehatan Lingkungan dilakukan menurut konsentrasi pada tujuh bidang ilmu utama: polusi udara, polusi air, vektor dan binatang pembawa penyakit, kontaminasi makanan dan minuman, toksikologi lingkungan, epidemiologi kesehatan lingkungan, dan prakiraan risiko kesehatan.

Departemen Kesehatan Lingkungan mengasuh pendidikan untuk Program Sarjana Kesehatan Masyarakat dengan peminatan Kesehatan Lingkungan serta Program Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat dengan kekhususan Epidemiologi Kesehatan Lingkungan dan Kesehatan Lingkungan.

Departemen Kesehatan Lingkungan mempunyai 14 orang staf pengajar tetap dengan latar belakang keilmuan yang beragam  sesuai dengan sifat multidisiplin ilmu, dibantu oleh beberapa orang dosen luar biasa.