Administrasi dan Kebijakan Kesehatan (AKK)

Administrasi dan Kebijakan Kesehatan (AKK)

Gedung F, Lt. 1 Kampus FKM UI Depok. T : 786 4974
Ketua                 : Dr. Pujiyanto, SKM, M.Kes
Sekretaris           : Atik Nurwahyuni, SKM,  M.Kes

Departemen AKK FKMUI secara proaktif menyediakan wadah bagi peminatnya untuk memperoleh ilmu dan pengetahuan mengenai administrasi dan kebijakan kesehatan.

Dari waktu ke waktu pola pengembangan Departemen AKK FKMUI memiliki ciri lentur terhadap pembaruan, terbuka dan demokratis, bersatu dan mandiri tumbuh secara lebih merata, antisipasif terhadap kebutuhan masyarakat.

Bidang Keilmuan dan Perkembangannya

  1. Visi
    Sejalan dengan visi Universitas Indonesia, Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan FKM UI (Departemen AKK FKM UI) memiliki visi untuk menjadi pusat rujukan ilmu adminsitrasi dan kebijakan kesehatan di Indonesia dan diakui secara internasional.
  2. Misi
    ​Untuk mencapai visi tersebut Departemen AKK FKM UI memiliki misi sebagai berikut:

    • Menemukan, menciptakan, mengembangkan, dan menetapkan ilmu pengetahuan demi ketangguhan bangsa Indonesia.
    • Memberikan prioritas kepada pengembangan teknologi baru (emerging technology) yang mampu membawa Indonesia bersaing dalam konteks global.
    • Mengembangkan Departemen AKK FKM UI yang bertaraf internasional berwawasan wirausaha melalui kemitraan dengan sektor industri dan bisnis.
    • Menghasilkan lulusan yang unggul dan mampu bersaing secara nasional dan internasional.
    • Merespon kebutuhan masyarakat dengan mengembangkan kepedulian terhadap lingkungan sosial dan alam.Mempertahankan dan meningkatkan peran Departemen AKK FKM UI sebagai panutan bagi institusi perguruan tinggi dan masyarakat umum.

Program Studi yang diasuh Departemen AKK

S1 Sarjana Kesehatan Masyarakat:

  1. Peminatan Manajemen Rumah Sakit
  2. Peminatan Asuransi Kesehatan
  3. Peminatan Manajemen Pelayanan Kesehatan

S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat:

  1. Peminatan Kebijakan dan Hukum Kesehatan
  2. Peminatan Manajemen Pelayanan Kesehatan
  3. Peminatan Ekonomi Kesehatan
  4. Peminatan Asuransi Kesehatan

S2 Kajian Administrasi Rumah Sakit 

Dalam penyelenggaraan pendidikan, Departemen AKK FKM UI didukung oleh 27 staf akademik dengan beragam keahlian yang terdiri dari 9 profesor, 11 doktor, 6 magister, dan 2 calon doktor. Staf akademik Departemen AKK FKM UI aktif dalam mengembangkan berbagai penelitian yang telah diterbitkan dalam jurnal nasional maupun internasional, pengabdian masyarakat, dan pelatihan serta konsultasi seperti dijelaskan di bawah ini.

Pusat Kajian

Departemen AKK FKM UI juga membawahi 2 pusat kajian yaitu:

  1. Pusat Kajian Administrasi dan Kebijakan Kesehatan (PKAKK)/Center for Health Administration and Policy Studies (CHAMPS)
  2. Pusat Kajian Ekonomi dan Kebijakan Kesehatan (PKEKK)/Center for Health Economics and Policy Studies (CHEPS)

Pengembangan Keilmuan

  1. Penelitian
    Dalam bidang penelitian, Departemen AKK FKM UI mendorong dosen dan mahasiswa melakukan penelitian, menyelenggarakan seminar, dan menghasilkan karya ilmiah yang dipresentasikan dalam forum ilmiah dan atau dipublikasikan di jurnal terakreditasi. Selain itu dilakukan juga studi banding dengan target menghasilkan karya ilmiah.
    Beberapa kegiatan penelitian yang dilakukan staf pengajar Departemen AKK pada tahun 2013 adalah:

    No. Judul Penelitian Peneliti
    1 Pengembangan Clinical Pathway dalam Kerangka Implementasi INA CBG . Prof. Amal C. SjaafProf. Purnawan Junadi

    Atik Nurwahyuni, SKM, M.Kes .

    2 Evaluasi Program Pelayanan Kesehatan Gratis Kabupaten Paser . Prof. Budi HidayatDr. Mardiati Nadjib

    Dr. Pujiyanto

    Puput Oktamianti, SKM, MM .

    Vetty Yulianty, S.Si, MPH .

    3 Drug Expenditures in Health Facilities: Qualitative Study in 5 Provinces . Kurnia Sari, SKM, MSE .Dr. Mardiati Nadjib

    Prastuti Soewondo, PhD .

    Vetty Yulianty, S.Si, MPH .

    4 Kajian Pembiayaan Kesehatan dalam Mendukung Health Accounts: Penghitungan Belanja Obat dalam Pelayanan Kesehatan . Kurnia Sari, SKM, MSE .Dr. Mardiati Nadjib

    Prastuti Soewondo, PhD .

    Vetty Yulianty, S.Si, MPH .

    5 External Evaluation of Australia Indonesia Partnership for Maternal and Neonatal Health (AIPMNH) Sister Hospital Program Nusa Tenggara Timur Province . Dr. Mardiati NadjibDr. Pujiyanto

    Amila Megraeni, SE, MBA.

    6 Penyusunan Standar Ketenagaan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tahun 2013. Dr. Dumilah AyuningtyasDr. Ede Surya Darmawan

    Beberapa karya Ilmiah yang dihasilkan staf pengajar Departemen AKK sepanjang tahun 2013 antara lain:

    No. Karya Ilmiah Peneliti
    1 Standar Kebutuhan Nakes RSU Kelas A Dr. Dumilah AyuningtyasDr. Ede Surya Darmawan
    2 Standar Kebutuhan Nakes RSU Kelas B Dr. Dumilah AyuningtyasDr. Ede Surya Darmawan
    3 Standar Kebutuhan Nakes RSU Kelas C Dr. Dumilah AyuningtyasDr. Ede Surya Darmawan
    4 Standar Kebutuhan Nakes RSU Kelas D Dr. Dumilah AyuningtyasDr. Ede Surya Darmawan
    5 Investigating Outbreaks of Novel Infectious Disease : an International Case Study( dimuat dalam Journal of Clinical Studies 2013) Prof. Wiku Bakti Bawono Adisasmito

     

  2. Pengabdian dan Pelayanan Masyarakat
    Dalam bidang pengabdian dan pelayanan masyarakat, Departemen AKK mendorong dosen melakukan kegiatan pelatihan dan konsultasi di bidang administrasi kebijakan kesehatan kepada organisasi kesehatan swasta dan pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah. Beberapa kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh staf pengajar Departemen AKK antara lain adalah:

    1. Menyususn Blueprint Perencanaan Pembangunan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat.
    2. Penyusunan Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM) Kota Depok.
    3. Program Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan Rujukan Kegiatan Pelayanan RSUD Cideres Kabupaten Majalengka.
    4. Diskusi Interaktif dan Lokakarya Mini “Bedah Konsep dan Kebijakan SJSN dalam Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan Perseorangan di tingkat Primer, Sekunder, dan Tertier” tanggal 11 Februari 2013 di Hotel Manhattan.
    5. Training dan Workshop “Meningkatkan Kualitas Pelayanan dan Kesiapan Rumah Sakit dalam Penerapan Jaminan Kesehatan Nasional” tanggal 25-26 Maret 2013 di Royal Kuningan Hotel dan tanggal 10 April 2013 di Millenium Hotel.
    6. Workshop “Meningkatkan Kendali Mutu Layanan Rumah Sakit melalui Penyusunan Panduan Praktik Klinis dan Clinical Pathway” tanggal 3-4 Juni 2013 di Hotel Bidakara dan 27 Juni 2013 di RS Metropolitan Medical Center.
    7. Seminar dan Temu Alumni “Kesiapan Rumah Sakit Implementasi Sistem Jaminan Sosial Kesehatan Nasional” tanggal pada 28 Juni 2013 di Ruang Promosi Doktor FKM UI.
    8. Fasiliator penyusunan Rencana Strategis Kesehatan Kabupaten Aceh Tamiang 2014-2017.​Selain itu, staf pengajar Departemen AKK juga memberikan masukan kepada pemerintah pusat dan daerah dalam menyusun dan menganalisis kebijakan kesehatan tingkat nasional yang pro-publik. Misalnya, beberapa staf pengajar Departemen AKK terlibat sangat aktif dalam menyusun kebijakan implementasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang mulai diberlakukan tanggal 1 Januari 2014, antara lain Prof. Hasbullah Thabrany, Prof. Budi Hidayat, Prof. Amal C. Sjaaf, Prastuti Suwondo, PhD., Dr. Mardiati Najib, Atik Nurwahyuni, M,Kes, dkk.​​
  3. Pelatihan dan Konsultansi
    Kegiatan pelatihan dan konsultansi dilakukan oleh para dosen dan mahasiswa bekerja sama dengan instansi-instansi terkait atau perusahaan. Kegiatan ini merupakan salah satu cara pengabdian Departemen  AKK FKM UI pada masyarakat.
    Beberapa kegiatan pelatihan yang dilakukan pada tahun 2013 antara lain:

    • Pelatihan ToT P2KT bagi staf Dinas Kesehatan dan Bappeda Pemerintah Aceh.
    • Pelatihan P2KT bagi seluruh kabupaten/kota se Aceh.
    • Pelatihan DHA 4 kabupaten di Provinsi Jawa Timur.
    • Pelatihan Tim Analisis Kebijakan dan Perencanaan SDM Kesehatan Kabupaten dan Kota di 4 kabupaten Provinsi NTT.
    • Dan lain-lain.

Dibidang konsultansi, beberapa staf pengajar senior bidang ekonomi kesehatan dari Departemen AKK aktif terlibat memberikan konsultansi kepada Kementerian Kesehatan dalam melakukan kajian National Health Account (NHA) sehingga secara berkala setiap tahun Indonesia bisa mengirimkan laporan hasil NHA Indonesia ke WHO.

 

Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan dan Pengajaran

Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dan pengajaran, pada tahun 2013 Departemen AKK FKM UI telah melaksanakan berbagai kegiatan dengan uraian secara kronologis sebagai berikut:

  1. Kunjungan ke College of Public Health, University of the Philippines (UP) Manila, 10 Januari 2013
    Kunjungan ke College of Public Health, University of the Philippines adalah untuk melakukan perbandingan pengelolaan dan pengembangan sumberdaya akademik dalam penyelenggaraan program pendidikan dan penelitian bidang kesehatan masyarakat.
  2. Kunjungan ke Philhealth Corporation, Manila, 11 Januari 2013
    Kunjungan ke Philhealth Corporation adalah dalam rangka mempelajari penyelenggaraan Social Health Insurance atau Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Filipina oleh perusahaan tersebut. Dari studi banding tersebut staf pengajar Departemen AKK memperoleh wawasan yang cukup sebagai bekal dalam memberikan masukan kepada pemangku kepentingan dalam penyelenggaraan JKN mulai tahun 2014 ini.
  3. Memfasilitasi pengukuhan Guru Besar Departemen AKK Prof. Budi Hidayat, SKM, MPPM, PhD. (27 Maret 2013)
    Pada tahun 2013 Departemen AKK mendapatkan tambahan satu orang Guru Besar Prof. Budi Hidayat yang dikukuhkan pada tanggal 27 Maret 2013 di Balai Sidang UI, Kampus UI Depok.
  4. Lokakarya Pengembangan Pohon Keilmuan dan Revisi Kurikulum AKK (Hotel Puri Denpasar, 20-21 April 2013)
    Pada lokakarya tersebut disepakati untuk pengembangan pohon keilmuan AKK terdiri dari 3 cabang ilmu yaitu (1) Administrasi/Manajemen Kesehatan, (2) Kebijakan Kesehatan, dan (3) Ekonomi Kesehatan.

    1. Ilmu Administrasi/Manajemen Kesehatan meliputi:
      • ​(a) Organisasi dan Manajemen Kesehatan,
      • (b) Manajemen Keuangan,
      • (c) Manakemen SDM,
      • (d) SIM Kesehatan,
      • (e) Administrasi Pelayanan Kesehatan,
      • (f) Manajemen Logistik,
      • (g) Manajemen Strategis,
      • (h) Quality Assurance and Quality Improvement,
      • (i) Manajemen Pemasaran, dan
        ​(j) Kepemimpinan.
    2. Ilmu Kebijakan Kesehatan meliputi:
      • (a) Sistem Kesehatan,
      • (b) Kebijakan Kesehatan,
      • (c) Pengembangan Kebijakan Kesehatan,
      • (d) Analisis dan Riset Kebijakan,
      • (e) Advokasi Kebijakan Kesehatan,
      • (f) Politik Kebijakan Kesehatan, dan
      • (g) Hukum Kesehatan.
    3. Ilmu Ekonomi Kesehatan meliputi:
      • (a) Pengantar Ilmu Ekonomi,
      • (b) Ekonomi Kesehatan,
      • (c) Farmakoekonomi,
      • (d) Evaluasi Ekonomi,
      • (e) Evaluasi Ekonomi,
      • (f) Pembiayaan Kesehatan,
      • (g) Ekonomi Kesejahteraan,
      • (h) Asuransi Kesehatan,
      • (i) Seminar Ekonomi Kesehatan,
      • (j) Ekonometri Pelayanan Kesehatan.
        Selain itu juga dicapai kesepakatan revisi kurikulum Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat (SKM) peminatan AKK dengan mengurangi 6 SKS mata kuliah peminatan AKK untuk menyesuaikan dengan struktur baku kurikulum program studi dan peminatan.
  5. Roundtable dengan para pemangku kepentingan penyelenggaraan magang untuk S1 Askes, MPK, dan MRS serta residensi PS KARS (8 November 2013)
    Departemen AKK secara rutin setiap tahun menyelenggarakan kegiatan roundtable dengan para pemangku kepentingan praktik magang atau residensi mahasiswa S1 dan S2 dibawah Deparemen AKK. Dalam roundtable disampaikan informasi tentang latar belakang, tujuan, metodologi, serta tugas, hak, dan tanggung jawab pihak Deparemen AKK dan institusi tempat/lokasi praktik mahasiswa. Melalui pelaksanaan roundtable kita  meneguhkan kembali komitmen para pemangku kepentingan dalam mendukung pelaksanaan program magang dan residensi mahasiswa AKK di rumah sakit, perusahaan asuransi kesehatan, dinas kesehatan, dan sarana kesehatan lainnya.
  6. Mengikuti konferensi “Hospital Administration ConferenceContracting and Referral System for Successful Universal Health Coverage” yang diselenggarakan oleh CHAMPS (27-28 November 2013)
    Tujuan dari konferensi ini adalah untuk :

    1. Mensosialisasikan peraturan-peraturan terbaru terkait pelaksanaan Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN)
    2. Memberikan pemahaman mengenai mekanisme kontrak antara BPJS dengan Pemberi Pelayanan Kesehatan (PPK)
    3. Memberikan pemahaman mengenai sistem rujukan pada pelaksanaan JKN
    4. Memberikan masukan kepada pembuat kebijakan melalui hasil penelitian yang berkaitan dengan SJSN.Dalam konferensi tersebut disajikan juga hasil penelitian dalam bentuk oral presentation maupun poster yang diambil dari tesis/skripsi para mahasiswa AKK yang terkait dengan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), yaitu :
      No. Nama Presentan Judul
      1. Loli Jendrianita Simanjuntak Analisis Variasi Penyebab Piutang Jamkesda Pasien Rawat Inap di RSUP Fatmawati Tahun 2010-2012
      2. Dewi Lestarini Analisis Dampak Biaya Langsung Layanan Rujukan Program Jaminan Persalinan di RSUP Fatmawati Tahun 2010-2012
      3. Lies Dina Liastuti Hubungan Antara Kualitas Layanan dan Pembayar pada Kasus Infeksi Miokard Akut di RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita 2009-2012
      4. Dewi Trisia Putri Analisis Ketepatan Praktek Dokter Pelayanan Primer dalam Skema Jaminan Kesehatan Nasional untuk Mencapai Universal Health Coverage di Provinsi DKI Jakarta
      5. Agus Suryanto Analisis Manajemen Kinerja Dokter Spesialis di RSUP Dr. Kariadi Tahun 2012
      6. Ekaning Wederantia Factors Associated with the Utilization (Claim) of Elderly Secondary Care Inpatient at Social Health Insurance Main Branch Office, South Jakarta, 2012
      7. Fatimah Dyah Nur Astuti Pengembangan Clinical Pathway pada pasien Kanker Payudara dr RSUD Dr. Kariadi Semarang Tahun 2012
      8. Santy Parulian Analisis Coxt Recovery Rate Sepuluh Penyakit Rawat Inap Berbiaya Tertinggi berdasarkan Klaim PT Askes (Persero) Cabang Bogor

       

  7. Memfasilitasi seminar yang dilakukan oleh Asosiasi Mahasiswa AKK atau Health Administration and Policy Student Association (HAPSA)Dalam menyongsong penyelenggaraan JKN, Departemen AKK memfasilitasi Asosiasi Mahasiswa AKK mengadakan rangkaian seminar dengan tema besar persiapan yang perlu dilakukan untuk menyukseskan penyelenggaraan JKN oleh BPJS Kesehatan mulai 1 Januari 2014, diantaranya adalah:
    1. Seminar Ekonomi Kesehatan ”Bedah Operasionalisasi Jaminan Kesehatan Nasional 2014” tanggal 10 Desember 2013.
    2. Seminar Ekonomi Kesehatan Lanjut ”Peran Puskesmas dalam Menghadapi Tantangan Pembangunan Kesehatan: Jaminan Kesehatan Nasional, MDG’s dan Transisi Epidemiologi ” tanggal 19 Desember 2013.Pemateri dalam seminar tersebut adalah staf pengajar Departemen AKK antara lain Prof. Hasbullah Thabrany, Prof. Budi Hidayat, Prof. Amal C. Sjaaf, Atik Nurwahyuni, M.Kes, dkk. Selain itu juga hadir pemateri Anggota Komisi IX DPR RI, Pusat Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan Kementerian Kesehatan, PT. Askes yang akan ditransformasi menjadi BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara JKN, Dinas Kesehatan, dll.
  8. Mengirimkan 3 orang staf pengajar (Dr. Dumilah Ayuningtyas, Vetty Yulianty, MPH, dan drg. Masyitoh, MARS) mengikuti Semiloka Teaching Hospital Expo 2013”Kupas Tuntas UU Pendidikan Kedokteran dan Peran Rumah Sakit Pendidikan dalam Era JKN” tanggal 14-15 Desember 2013 di Hotel Inn Muara, Padang.
  9. Lokakarya Departemen AKK ”Diskusi Jaminan Kesehatan Nasional dan Arah Pengembangan Departemen AKK” tanggal 20 Desember 2013
    ​Tujuan Lokakarya ini adalah :

    1. Berbagi informasi dan kebijakan terkini terkait implementasi Jaminan Kesehatan Nasional.
    2. Merumuskan arah pengembangan Departemen AKK sebagai respon atas kebijakan terkait implementasi Jaminan Kesehatan Nasional.
  10. Workshop Pengembangan dan Pemantapan Kurikulum PS KARS pada 28 Desember 2013
    ​Tujuan Workshop ini adalah :

    1. Melakukan telaahan mengenai kurikulum KARS saat ini.
    2. Melakukan telaahan mengenai topik-topik mata kuliah yang memerlukan penyesuaian.
    3. Memperoleh masukan untuk pengembangan kurikulum KARS ke depan yang responsif terhadap perkembangan lingkungan internal dan eksternal.
  11. Lokakarya Departemen AKK ” Pengembangan Kurikulum dan Rencana Kegiatan Pusat Kajian dibawah Departemen AKK” tanggal 2-3 Januari 2014
    ​Tujuan Lokakarya ini adalah :

    1. Mengembangkan kurikulum peminatan S1 dan S2 di Departemen AKK tahun 2014/2015.
    2. Menyepakati mata kuliah Wajib Departemen AKK baik S1 maupun S2.
    3. Menyusun tim Kecil untuk membahas rincian kurikulum S1 SKM dan S2 IKM di bawah Departemen AKK.
    4. Menyusun rencana kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat Pusat Kajian   Administrasi dan Kebijakan Kesehatan (Center for Health Administration and Policy Studies).
    5. Menyusun rencana kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat Pusat Kajian Ekonomi dan Kebijakan Kesehatan (Center for Health Economics and Policy Studies).
  12. Memfasilitasi staf pengajar Departemen AKK melanjutkan pendidikan ke jenjang S3
    Dalam upaya meningkatkan kapasitas tenaga pengajar, Departemen AKK mendorong staf pengajar untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S3. Ada 2 orang staf pengajara Departemen AKK yang sedang mengambil pendidikan doktoral bidang Kesehatan Masyarakat di FKMUI, yaitu drg. Wahyu Sulistiadi, MARS dan Atik Nurwahyuni, SKM, M.Kes.

Selain penelitian, para Dosen Departemen AKK juga menghadiri dan atau melakukan presentasi di berbagai forum Nasional dan Internasional seperti:

  1. The 9th International Health Economics Association Congress, Sidney (Prof. Hasbullah Thabrany, Prof. Budi Hidayat, Dr. Mardiati Nadjib, Dr. Pujiyanto, Prastuti Suwondo, PhD, Kurnia Sari, M.Si.)
  2. Asia-Pacific Consortium for Public Health Conference, Wuhan, China (Prof. Adik Wibowo, Prof. Purnawan Junadi, Dr. Hafizurrahman, Dr. Mardiati Nadjib, Dr. Pujiyanto, Dr. Ede Surya Darmawan, Dr, Dumilah Ayuningtyas, Amila Megraeni, MBA, Wahyu Sulistiadi, MARS.).
  3. Workshop on Expanding health coverage to those outside the formal sector:  Analysing experience and exploring options for low- and middle income countries, Kigali, Rwanda, Africa (Dr. Pujiyanto).
  4. Forum Internasional Expanding Coverage for Informal Sectors tanggal 29 September – 2 Oktober 2013 di Hotel Ambarukmo, Yogyakarta (Prof. Hasbullah Thabrany, Prof. Budi Hidayat, Prastuti Suwondo, PhD, Dr. Pujiyanto).
  5. American Public Health Association Congress (dr. Adang Bachtiar, D.Sc.).
  6. Dan lain-lain.