Epidemiologi

Epidemiologi

Gedung A, Lt. 1 Kampus FKM UI Depok. T : 021 7884 9031, 021 786 3474. F: 021 78849032
Ketua                     : Dr. dr. Tri Yunis Miko Wahyono, MSc
Sekretaris              : drg. Dwi Gayatri, MPH

Departemen Epidemiologi adalah salah satu dari tujuh departemen yang ada di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. Pada Program S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat Departemen Epidemiologi merupakan pengampu i) peminatan Epidemiologi pada Program S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat, ii) Program Studi S2 dan iii) S3 Epidemiologi pada program Pascasarjana FKM UI.

Departemen Epidemiologi mengajarkan beberapa mata ajaran Epidemiologi yang bersifat pokok dan merupakan mata ajaran wajib bagi seluruh peminatan pada program S1 S2 dan S3 di FKM UI, juga mengasuh beberapa mata ajaran khusus yang harus diikuti oleh mahasiswa peminatan bidang Epidemiologi.

Beberapa bidang minat yang telah dan sedang dikembangkan di Departemen Epidemiologi adalah: Epidemiologi Klinik; Epidemiologi Kesehatan Reproduksi, Epidemiologi Gizi, Epidemiologi Pelayanan Kesehatan, Epidemiologi Bencana, Epidemiologi Penyakit Tidak Menular, Epidemiologi Penyakit Menular, Epidemiologi Infeksi Nosokomial, Epidemiologi Sosial, Epidemiologi Kesehatan Perinatal, Epidemiologi Kesehatan Ibu, Epidemiologi Penyakit Menular Seksual dan AIDS, Epidemiologi Kesehatan Jiwa, Epidemiologi untuk Quality Improvement, Epidemiologi Lapangan (Field Epidemiology), Epidemiologi Molekuler, Epidemiologi Kesehatan Haji, Epidemiologi Masalah Cedera, Epidemiologi Kesehatan Kerja, Epidemiologi Kanker dan Epidemiologi Farmako.

Program Magister (S2) Epidemiologi memiliki 3 kekhususan/peminatan: Epidemiologi Komunitas, Epidemiologi Klinik dan Epidemiologi Lapangan.

Program Doktor (S3) Epidemiologi memiliki 2 kekhusuan /peminatan: Epidemiologi Komunitas dan Epidemiologi Klinik. Program Studi S3 Epidemiologi ini merupakan program studi bidang epidemiologi pertama di Indonesia. Sedangkan Program Studi S3 Epidemiologi merupakan program studi S3 bidang Epidemiologi pertama dan hanya ada di FKM UI.