Kesehatan Reproduksi

Kesehatan Reproduksi

Gedung B, Lt. 3 Kampus FKM UI Depok. Telp. : 021-7874265
Ketua​: dr. Mieke Savitri, M.Kes

Kelompok Studi Kesehatan Reproduksi (Pokdi Kespro) merupakan kelompok lintas keilmuan di FKMUI. Pengelola dan pengajarnya berasal dari berbagai departemen di FKM UI yang berminat dalam bidang Kesehatan Reproduksi. Saat ini Pokdi kespro mengasuh kegiatan pendidikan untuk Program Sarjana Kesehatan Masyarakat baik Reguler maupun Ekstensi dengan peminatan Kesehatan Reproduksi serta Program Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat dengan peminatan Kesehatan Reproduksi.

Pendidikan
​Kegiatan Akademik utama adalah pengajaran pada Program S1 dan S2 di fakultas. Selain itu beberapa kegiatan akademik lainnya :
​Lokakarya rencana pembentukan Departemen Kesehatan Keluarga yang menghasilkan proposal Program Studi Kesehatan Reproduksi. Rencananya, setelah pembentukan Prodi Kespro akan dilanjutkan dengan Proposal Departemen.
Keikutsertaan dalam Workshop IAKMI dan terbentuk Kolegium Kesehatan Keluarga dan Kesehatan Reproduksi (Kesga dan Kespro).
Lokakarya Mata Kuliah Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) dengan hasil tercapainya
​​​​standarisasi pengajaran untuk seluruh pengajar KIA serta revisi beberapa mata ajar KIA dan penyempurnaan materi ajar Konseling.
Lokakarya pengembangan KBK dengan hasil tersusunnya KBK untuk S1 peminatan Kespro.
Lokakarya pembelajaran hasil 2004-2008 dan harapan ke depan 2009-2014.
Lokakarya pengembangan naskah akademik pembentukan organisasi profesi kesehatan keluarga dan kesehatan reproduksi.
Lokakarya lanjutan pengembangan naskah akademik pembentukan organisasi profesi kesehatan keluarga dan kesehatan reproduksi.
Lokakarya pengembangan materi mata kuliah Gender dan Kesehatan.
Lokakarya pemiliha Ketua Kelompok Studi Kesehatan Reproduksi.
Penelitian
Beberapa penelitian dibidang kesehatan reproduksi juga dilakukan oleh Kelompok Studi Kesehatan Reproduksi, diantaranya adalah bekerjasama dengan STARH melakukan penelitian berkelanjutan selama 3 tahun berturut-turut untuk mengevaluasi pelayanan KB di Indonesia. Selain itu juga banyak penelitian-penelitian individu yang dilakukan oleh staf pengajar yang tergabung dalam Kelompok Studi Kesehatan Reproduksi.
Pengabdian Masyarakat
Kegiatan dalam bidang pengabdian masyarakat diantaranya :
Seminar remaja dan HIV/AIDS
Pelatihan fasilitator Kesehatan Reproduksi Remaja kerjasama dengan JEN
Rangkaian kegiatan Kespro in Action untuk mahasiswa FKM UI yang terdiri dari seminar, konseling, pelatihan fasilitator, dll
Selain itu Kelompok Studi Kesehatan Reproduksi juga menjadi pembina untuk Rumah Panda (Rumpan). Rumpan adalah kelompok mahasiswa gabungan dari berbagai fakultas di Universitas Indonesia yang diinisiasi pembentukannya oleh mahasiswa peminatan Kesehatan Reproduksi FKM UI. Kelompok ini pengurusnya juga mahasiswa mahasiswa FKM UI. Kegiatan yang telah dilakukan oleh Rumah Panda FKM UI 2014 adalah sebagai berikut :
Grand Launching dan Oprec (Open Recruitment) anggota on the spot.
Perkenalan Rumpan ke masyarakat luar dan FKM serta Oprec anggota dari berbagai fakultas di UI
PeI
Rumpan tergabung dalam desa binaan yang menggalakkan program kesehatan reproduksi untuk remaja di desa Sedari Karawang. Desa ini merupakan desa binaan FKM UI yang sudah di launching pada tanggal 25-26 Mei 2014. Pada tanggal 23-24 Juni 2014, Rumpan mengadakan peer educator di Sedari Karawang dengan peserta remaja di wilayah tersebut.
Kegiatan kegiatan lain yang akan digarap di antaranya :
• RGTS part 2
• Peer Conselor
• SHC (Sexual Health Celebration), merupakan acara yang dibuat dalam rangka menyambut hari HIV sedunia pada tanggal 1 Desember 2014. Acaranya berupa konser amal, seminar dan charity.