Pusat Penelitian Keluarga Sejahtera

Pusat Penelitian Keluarga Sejahtera

Gedung G Lantai 3 Fakultas Kesehatan Masyarakat
Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat-Indonesia
Telp: (021) 7270014, 7864442
Fax: (021) 7270014
web: puska.fkm.ui.ac.id

Ketua : Dr. Anhari Achadi, Sc.D
Sekretaris : Drs. Yustinus Agoes Setiadji

Sejak Januari 2003, Pusat penelitian Keluarga sejahtera FKM UI (PUSKA FKM UI) telah dipilih sebagai Country Technical Partner (CTP) untuk Program IMMPACT (Intiative for Maternal Mortality Program assessment), yaitu sebuah program penelitian berskala internasional untuk meningkatkan kemampuan pengambil kebijakan guna mengembangkan strategi intervensi yang lebih efektif, akurat dan murah berdasarkan bukti/evidence. Sebagian besar program ini didanai oleh Melinda dan Bill Gates Foundation, DFID, USAID, dan EC.

Program ini melibatkan tiga institusi internasional sebagai International Technical Partners, yaitu:. London School of Hygiene and Tropical Medicine (Inggris), Institute of Tropical Medicine (Antwerp, Belgia), dan the Johns Hopkins University (Amerika). Sejak tahun 2005, PUSKA telah menjadi anggota konsorsium dari John Snow Inc, dalam menerapkan Program Pelayanan Kesehatan (Health Services Program), sebuah proyek yang didanai oleh USAID untuk meningkatkan Kesehatan Ibu dan Anak di 6 provinsi di Indonesia.

Unit pelatihan PUSKA FKM-UI dirancang untuk membantu pengembangan sumber daya manusia di Indonesia dan menitikberatkan pada bidang Kesehatan Ibu dan Anak, Keluarga Berencana, dan Kesehatan Masyarakat lainnya. Salah satu pelatihan yang telah berhasil dilakukan antara lain: Health Training on Child Survival and Safe Motherhood for Doctors, Midwives, and Nurses; Management Information System on Child Survival for Health Center Doctors in Jabotabek (Jakarta, Bogor, Tangerang, and Bekasi).