Center for Health Administration and Policy Studies (CHAMPS)
Faculty of Public Health Universitas Indonesia
Pusat Kajian Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia
WORKSHOP MONITORING DAN EVALUASI KINERJA KUALITAS PELAYANAN RUMAH SAKIT
LATAR BELAKANG
Menurut Undang-undang no 44 Tahun 2009 tetang Rumah Sakit, Rumah sakit mempunyai tugas memberikan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna, dimana untuk menjalankan tugas tersebut Rumah sakit mempunyai 4 fungsi yang harus dilakukan. Empat fungsi tersebut adalah penyelengara pelayanan pengobatan dan pemulihan kesehatan, pemeliharaan dan peningkatan kesehatan perorangan melalui pelayanan kesehatan yang paripurna, penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia dalam rangka peningkatan kemampuan dalam pemberian pelayanan kesehatan dan penyelenggaraan penelitian dan pengembangan serta penapisan teknologi bidang kesehatan dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan dengan memperhatikan etika ilmu pengetahuan bidang kesehatan. Untuk menjalan fungsi di atas rumah sakit mempunyai organisasi kompleks yang terdiri dari unit-unit dan sub-sub unit di dalamnya. Unit-unit ini terdiri dari pelayanan, manajemen/keuangan dan administrasi, serta sub-sub unit seperti rawat jalan, rawat inap, farmasi, laboratorium dan lain sebagainya.
Rumah sakit sebagai instansi pemberi pelayanan seharusnya tidak hanya sekedar menampung orang sakit, melainkan juga harus memperhatikan aspek kepuasan bagi para pemakai jasanya, dalam hal ini pasien. Rumah Sakit dihadapkan pada tuntutan dari masyarakat yang semakin kritis terhadap jasa pelayanan yang diterimanya, dimana rumah sakit dituntut untuk lebih meningkatkan pelayanan medis dan pelayanan administratifnya. Penilaian terhadap kegiatan rumah sakit adalah hal yang sangat diperlukan dan sangat diutamakan dalam menjalankan rumah sakit sesuai dengan tugas dan fungsinya ini. Untuk dapat mengukur Kinerja Rumah Sakit perlu diketahui teknik membuat KPI (Key Performance Indicator) rumah sakit.
Rencana Strategi (Renstra) 5 tahunan rumah sakit akan dijabarkan dalam rencana kerja tahunan, dimana rencana kerja tahunan ini terdiri dari target layanan serta target manajemen/keuangan rumah sakit. Nantinya target pelayanan dan keuangan tahunan harus dikerucutkan lagi menjadi target bulanan unit yang dinamakan KPI (Key Performance Indicator) unit. KPI (Key Performance Indicator) yang telah ada haruslah dimonitoring dan dievaluasi secara rutin. Baik secara harian, mingguan, bulanan, 3 bulanan serta tahunan. Perbandingan antara target pencapaian dan target standar inilah yang dinamakan indicator rumah sakit.
Oleh karena itu, mengingat dibutuhkannya sebuah keterampilan khusus dalam pembuatan KPI dan pengembangan kerangka kerja monitoring dan evaluasi rumah sakit, maka Center for Health Administrations and Policy Studies (CHAMPS) FKM UI bermaksud untuk menyelenggarakan workshop Monitoring dan Evaluasi Kinerja Kualitas Pelayanan Rumah Sakit. Pada akhirnya kegiatan ini menjadi salah satu upaya untuk terus mengembangkan pelayanan kesehatan di Indonesia khususnya rumah sakit agar dapat memberikan pelayanan yang bermutu bagi pasien. Sehingga cita cita bangsa ini untuk terus meningkatkan derajat kesehatan masyarakat setinggi-tingginya dapat tercapai.
TUJUAN
- Memberikan pemahaman tentang pentingnya KPI (key Performance Indicator)
- Memberikan keterampilan dalam menyusun KPI (key Performance Indicator) unit
- Memberikan pemahaman tentang konsep monitoring dan evaluasi kinerja pelayanan di rumah Sakit
- Memberikan keterampilan dalam menyusun tahapan proses monitoring dan evaluasi kinerja pelayanan rumah sakit
- Memberikan keterampilan dalam menjalankan proses monitoring dan evaluasi kinerja pelayanan rumah sakit
METODE
Kegiatan ini merupakan workshop yang dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama dilaksanakan dalam 2 hari. Sedangkan tahap kedua dilaksanakan selama 1 hari. Pada tahap pertama lebih menekankan pada pemahaman konsep dan metode penyusunan monitoring dan evaluasi yang akan disampaiakan dengan metode pemaparan materi oleh fasilitator. Sedangkan tahap kedua merupakan sesi presentasi dari hasil tugas yang dikembangkan di rumah sakit masing-masing.
Fasilitator yang akan mendampingi dalam workshop ini adalah:
- dr. Suprijanto Rijadi, MPH, Ph.D
- DR. Hermanto S.Kom M.Si
- Drs. Bambang Hestu Djajadi, MBA
PESERTA
Peserta workshop terdiri dari tim praktisi perumahsakitan baik pemerintah maupun swasta yang tergabung dalam tim. Tim perwakilan rumah sakit terdiri dari minimal 2 orang dan maksimal 4 orang yang berkepentingan dalam proses monitoring dan evaluasi di rumah sakit.
Perlengkapan yang perlu dibawa:
- Data berdasarkan indikator Input-Proses-Output
- Input : Jumlah pasien, Jumlah karyawan, Jumlah dokter, Target tahunan, pencapaian tahun lalu
- Proses: lama pasien di pendaftaran, lama waktu tunggu dokter, lama pasien di Laboratorium, lama pasien di Farmasi, lama pasien di kasir.
- Output: Kepuasan Pasien, Kinerja Layanan, kinerja keuangan per Unit per Poli.
Laptop
WAKTU DAN TEMPAT
- Waktu Pelaksanaan
Rabu – Kamis, 20-21 Mei 2015; 08.00-16.00
Kamis, 4 Juni 2015; - Tempat Kegiatan
Rabu –kamis, 20-21 Mei 2015
Hotel The Park Lane, Jl Casablanka Kav. 18, Tebet, DKI Jakarta.
Kamis, 4 Juni 2015
Auditorium Soerjo, Lantai 10, The H Tower, RS MMC, Kuningan
SUSUNAN KEGIATAN
Waktu | Topik |
Rabu, 06 Mei 2015 TEORI DAN KONSEP |
|
08.00 – 08.30 | Registrasi Peserta |
08.30 – 09.00 | – Sambutan oleh Dekan FKM UI- Sambutan Ketua CHAMPS FKM UI
– Sambutan Johnson & Johnson Indonesia |
09.00 –10.00 | Rencana strategi RS dan Rencana Kerja Tahunan Rumah Sakit Sebagai Indikator Kinerja |
10.00 –11.00 | Pengertian KPI (Key Performance Indicator) Rumah Sakit dan Cara membuat KPI (Key Performance Indicator)Unit. |
11.00– 12.00 | Penetapan target dalam pembuatan KPI (Key Performance Indicator)unit. |
12.00– 13.00 | ISHOMA |
13.00 – 14.30 | Monitoring Evaluasi Kinerja RS dan KPI (Key Performance Indicator) |
14.30 – 16.00 | Membuat Laporan Kinerja Rumah Sakit 1bulanan, 3 bulanan dan 1 tahunan |
Kamis, 07 Mei 2015 PRAKTIK |
|
08.30 – 09.00 | Registrasi Peserta |
09.00 – 10.00 | Membuat KPI (Key Performance Indicator) Unit Rumah Sakit |
10.00 – 12.00 | Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap KPI (Key Performance Indicator) |
12.00 – 13.00 | ISHOMA |
13.00 – 15.00 | Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) sebagai sumber data unit dan penyusunan dashboard Indikator |
15.00 – 15.45 | Penugasan Pembuatan Indikator Kinerja dan KPI (Key Performance Indicator) Unit |
15.45 – 16.00 | Penutupan |
Kamis, 04 Juni 2015 | |
08.30 – 08.45 | Registrasi Peserta |
08.45 – 09.00 | Pembukaan |
09.00 – 11.45 | Presentasi Indikator Kinerja dan KPI (Key Performance Indicator) Unit oleh peserta |
11.45 – 12.00 | Rencana Tindak Lanjut |
12.00 – 12.15 | Penutupan |
BIAYA INVESTASI
Biaya Investasi Rp 3.500.000,00
Diskon 10% untuk Alumni Kegiatan Hospital Management Program yang pernah dilaksanakan oleh CHAMPS FKM UI, baik rumah sakit maupun perorangan.*
Biaya investasi sudah termasuk:
- Workshop Kit
- Materi
- Setifikat
- Bebas Parkir Kendaraan **
- Makan Siang
- Coffe Break
* Harga Diskon tidak dapat digabungkan
**Harap menuliskan nomor polisi/ Plat nomor kendaraan pada lembar konfirmasi
CARA PENDAFTARAN
Pendaftaran melalui Whatsapp atau SMS ke Sekretariat CHAMPS FKM UI (085883633044) atau SMS ke (085211003451)/ dan mengirimkan lembar konfirmasi yang telah disediakan ke no fax atau email kami
Pembayaran dapat ditransfer melalui BNI Cab.UI Depok No.Rek 0115303370 a.n Pusat kajian AKK FKM UI
Kemudian melakukan konfirmasi pembayaran ke nomor pendaftaran dan mengirimkan bukti pembayaran ke no fax atau email kami
INFORMASI LEBIH LANJUT
Silahkan menghubungi CHAMPS (Center for Health Administration and Policy Studies)
Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia
Fax/tlp : 021-7867370,
HP : 085883633044 (Dini Hardy)
: 085211003451
Email : champsui08@yahoo.co.id,champsui09@gmail.com
Web : champs.fkm.ui.ac.id
Twitter : @champsui
FB : CHAMPS FKM UI
LEMBAR KONFIRMASI
atau isi online
http://goo.gl/forms/mvX0h9uqYZ