Humas +62 21 7864975

Pusat Kajian Biostatistika dan Infomatika Kesehatan

Pusat Kajian Biostatistika dan Infomatika Kesehatan

Gedung G Lt. 3 Fakultas Kesehatan Masyakarat
Universitas Indonesia, Depok-Jawa Barat
Telp: (021) 70245041
Email: pkbikfkmui@gmail.com ; adminpkbikfkmui@gmail.com

 

Ketua                     : Dr. Tris Eryando, MA
Sekretaris              : Milla Herdayati, SKM, MSi

Sistem Informasi Kesehatan Nasional (SIKNAS) merupakan salah satu komponen yang sangat mendukung dalam pengembangan Sistem Kesehatan Nasional. Dengan terbangunnya SIKNAS yang terintegrasi dan handal, diharapkan dapat tersedia data dan informasi yang akurat dalam pengambilan keputusan.

Dilaksanakannya kebijakan otonomi daerah menyebabkan munculnya beberapa kendala dalam membangun sistem informasi yang terintegrasi mulai dari tingkat pusat, provinsi, dan kabupaten/ kota. Adanya perbedaan kebutuhan informasi dan ketersediaan standar merupakan dua hal yang mendasar dalam pengembangan sistem informasi yang selama ini belum dapat dilakukan. Melihat kondisi tersebut, maka saat ini pengembangan sistem informasi haruslah berdasarkan penilaian kebutuhan yang spesifik pada masing-masing tingkat, baik pusat, propinsi, kabupaten/ kota.

Beberapa institusi yang selama ini menjadi mitra Pusat Kajian Biostatistika dan Informatika Kesehatan antara lain: Departemen Kesehatan RI (Direktorat Binkesmas dan P2PL), Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), Dinkes Kota dan Kabupaten Tangerang, Dinkes Propinsi DKI Jakarta, Dinkes Kota Cirebon, Dinkes Kabupaten Sukabumi, dan Dinkes Kabupaten Serang. Lembaga Swadaya Masyarakat baik lokal maupun internasional, organisasi profesi, serta beberapa donor agensi seperti UNFPA, UNICEF, USAID, dan Ford Foundation.

Salah satu aktifitas yang dilakukan oleh PKBIK adalah konsultasi yang meliputi Manajemen dan Analisis Data Survey dengan menggunakan software statistik (Epi Info, Epi Data, SPSS, STATA), Analisis Statistik (analisis regresi linier, meta analisis, analisis regresi logistik), Teori dan Aplikasi Pengumpulan Data ( Survei Cepat, Rapid Evaluation Method, Rapid Assessment Procedure, Lot Quality Assurance Sampling (LQAS), Analisis dan Pengembangan Sistem, serta Pengembangan Basis Data dan Teknologi Informasi