Humas +62 21 7864975

Pusat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat

Pusat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat

Program Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat
Universitas Indonesia
(P3M UI)

Alamat :
Gd. G Lt. 3 R. 315 FKM UI
Telp. (021), 7864978/ (021) 70242739
Fax. (021). 7864978
Email : p3m_ui@yahoo.com
p3mui@ui.ac.id

Latar Belakang
Pendidikan merupakan tulang punggung pembangunan bangsa, dalam rangka mewujudkan Indonesia baru. Seiring reformasi pendidikan nasional yang mengedepankan tema sentral “Education for All and All for Education”, maka pendidikan ditempatkan sebagai prioritas utama dalam pembangunan bangsa dan negara Indonesia

Dengan diberlakukannya otonomi daerah dan otonomi perguruan tinggi negeri, khususnya bagi Universitas Indonesia (UI) perlu dilakukan upaya peningkatan mutu pelayanan pendidikan kepada masyarakat, baik melalui pendidikan reguler bersertifikat, pelatihan dan penelitian yang lebih aplikatif dan usaha lainnya sebagai wujud partisipasi masyarakat ilmiah dalam pembangunan nasional. Oleh karena itu, diperlukan upaya memperkuat interaksi antara dunia pendidikan tinggi dengan pemerintah, dunia industri, organisasi sosial dan masyarakat.

Berada dibawah naungan Universitas Indonesia, Program Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (P3M) tampil untuk menjawab tantangan dan peluang tersebut. P3M dalam melaksanakan kegiatannya bersinergi dengan berbagai fakultas, jurusan, pusat dan laboratorium yang ada di UI, sehingga berfungsi dalam memadukan berbagai disiplin keilmuan (multi discipline approach).

Dengan memberikan layanan kepada masyarakat, pemerintah, swasta/industri, LSM dan individu baik yang berkaitan dengan pendidikan dan pelatihan maupun riset terapan, P3M selalu berfokus kepada pelayanan terbaik. Pelayanan pendidikan dan penelitian yang diemban oleh P3M secara khusus lebih diarahkan kepada pendidikan yang bersifat peningkatan keterampilan (skill) dan profesionalisme serta penelitian yang lebih aplikatif.

Pelayanan kepada dunia usaha dan industri diarahkan pada penguatan pembangunan industri nasional yang kompetitif dan memiliki daya saing global. Demikian pula pelayanan terhadap instansi pemerintahan, dilaksanakan dalam rangka mendukung perwujudan tata kelola yang baik dan bersih (good governance dan clean governance).

Struktur Organisasi

Ketua Pusat : drg. Wahyu Sulistiadi, MARS
Sekretaris : Reynold V. Dahlan, SIP
Staff Administrasi : Surtiaminah, Amd
Bp. Acep Sumarta
Koordinator Bidang
Rencana Strategis & SDM : DR. Ede Surya Dharmawan, SKM., MDM
Kesehatan Lingkungan : Drs. Bambang Wispriyono, Apt., PhD
Learning Organization : DR. Dra. Dumillah Ayuningtyas, MARS
Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku : DR. Dian Ayubi, SKM., MQIH.
Sumber Daya Manusia : DR Alih Germas, SKM., MARS.
Kesehatan & Keselamatan Kerja : DR. dr. Zulkifli Djunaidi, MAPPSc.
Sistem Informasi Berbasis Geografi : DR. Drs. Tris Eryando, MA.,
Sutiawan S.kom., MSi
Pengembangan Masyarakat : Abdul Basid, SE., MM.
Pelayanan dan Pengabdian kepada masyarakat : Yuliyanti, SKM
Psikologi : Drs. Mochamad Dahsyat, Psi., MSc., HRD.
Drs. M. Hamdi, Psi.
Isa Azhari
Hubungan Kerjasama : Drs. Faisal Slamet Riyadi, SE., MM.
Kajian Sosial Kesehatan Masyarakat dan Kebijakan Kesehatan : Reynold V Dahlan, SIP.
Statistik dan Manajemen Data : Hermawan Setiawan, S.Si., M.Ti., MM
Hari Sakti Wibowo, ST., M.Si
Bambang Ruswandi, S.Si., M.Si
Hata Maulana, S.Si., M.Si
Manajemen Perumahsakitan : Dr. Yuli Prapancha Satar, MARS
Organisasi dan Manajemen : Drs. Soedarto Soepangat, MARS.

Visi
Sebagai Pusat Pendidikan dan Pelayanan yang Terpadu dalam memberikan Pendidikan dan Pelayanan Kepada Masyarakat dan Industri yang unggul dan kompetitif.

Misi

  • Mewujudkan tercapainya keterpaduan antar disiplin ilmu melalui pendidikan dan pelayanan masyarakat
  • Menjalin kemitraan strategis dengan civitas akademika UI, pemerintah, dunia industri dan LSM
  • Menyelenggarakan kegiatan pendidikan, pelayanan dan penelitian aplikatif kepada masyarakat melalui berbagai bentuk kegiatan pendidikan, pelatihan bersertifikat, jasa konsultasi dan aktivitas masyarakat Indonesia.

Tujuan

  • Menghasilkan riset terapan dan riset pelayanan yang dapat diaplikasikan di masyarakat, pemerintah dan dunia industri
  • Melakukan kerjasama dengan dunia industri, pemerintah, organisasi sosial dan masyarakat dalam bidang pendidikan, pelatihan dan penelitian terapan
  • Meningkatkan fungsi pelayanan & pemberdayaan masyarakat

Ruang Lingkup
Kegiatan Pelayanan
Memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui kemitraan, pendampingan dan pemberdayaan.

Kegiatan Pelatihan
Menyelenggarakan pelatihan untuk peningkatan keterampilan dan profesionalisme kerja dapat dilakukan secara in house training bagi pejabat kesehatan pemerintah dan kalangan dunia usaha serta LSM.

Kegiatan Penelitian Menyelenggarkan penelitian aplikatif dan bersifat pelayanan di berbagai bidang dan kajian yang bersifat terapan dalam pengembangan masyarakat, pembangunan lingkungan hidup serta pembangunan masyarakat.

PENGALAMAN

  • Bidang Penelitian Terapan
  • Kajian Demam Berdarah Dengue di DKI Jakarta
  • Kajian Pedagang Kaki Lima dan Asongan di DKI Jakarta
  • Evaluasi Peningkatan Integritas Pegawai Bea dan Cukai Dalam Rangka Peningkatan Tugas Pelayanan dan Pengawasan di Bidang Kepabeanan
  • Penguatan Daya Dukung dan Kapasitas Penyelenggaraan, Pemilihan dan Peserta Pemilu 2004 di Propinsi DKI Jakarta
  • Penyusunan Materi Kurikulum Peningkatan Produksi Dalam Negeri dan Buku Pegangan Guru
  • Pengadaan Rumusan Sistem Pengendalian Pendapatan Daerah
  • Peningkatan Kapasitas SDM Dalam Pengawasan Keselamatan Nuklir
  • Implementasi Pola Diklat Yang Terkait Dengan Pola Karir
  • Assessment Penempatan Calon Pegawai Pada Kantor Pelayanan Utama Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Jakarta
  • Penyusunan / Penyempurnaan Kursil Diklat Teknis Fungsional Perhubungan Laut Pada Pusdiklat Perhubungan Laut Tahun 2007
  • Pembinaan Pengawasan dan Pengemdalian Penyakit Tidak Menular di Jakarta Selatan tahun 2010
  • Pemantauan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahap kedua Pemilu 2004 di 230 Kecamatan Tingkat KPK
  • Pengolahan Data 650 Program Studi D-III, S1, S2, dan S3 Dalam Rangka Pelaksanaan Akreditasi Tahun 2004
  • Profil Karakteristik Budaya Organisasi Lembaga-Lembaga Keagamaan Dinas Bintal Dan Kesos Propinsi DKI Jakarta Anggaran 2004
  • Survei Penggunaan, Ketersediaan dan Distribusi Pelumas di Wilayah DKI
  • Survei Penggunaan, Ketersediaan dan Distribusi Pelumas di Wilayah Manado
  • Penyusunan Manfaat Bantuan Program Koperasi Bagi Peningkatan Peran dan Kesejahteraan Anggota
  • Survey Kebutuhan Minyak Tanah Pada Rumah Tangga Dan Usaha Kecil / Informal Tahun 2003 untuk wilayah Kalimantan Tengah
  • Survey Toko Material Wilayah Jawa Timur per 8 Nopember 2004
  • Survey Kepuasan Pelanggan Gakin Dinkes DKI Jakarta Tahun 2007
  • Pipeline Risk Analysis, Emergency Response Plan & Standard Operating Procedure Development tahun 2008
  • Analisis Resiko Keselamatan Pipa tahun 2008
  • Survey Of Safety Culture Improvement Tahun 2010
  • Safety Culture IMPROVEMENT FOLLOW UP Tahun 2011
  • Policy Analysis and Policy Development in the Health Sector Tahun 2011
  • Development Emergency Response Plan (MERP) & Medical Check Up (MCU) Tahun 2011
  • Peta Potensi Daerah
  • Riset OGB PT. Indofarma di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan dan Makasar

Bidang Penelitian Terapan

  • Pemantauan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahap kedua Pemilu 2004 di 230 Kecamatan Tingkat KPK
  • Pengolahan Data 650 Program Studi D-III, S1, S2, dan S3 Dalam Rangka Pelaksanaan Akreditasi Tahun 2004
  • Profil Karakteristik Budaya Organisasi Lembaga-Lembaga Keagamaan Dinas Bintal Dan Kesos Propinsi DKI Jakarta Anggaran 2004
  • Survei Penggunaan, Ketersediaan dan Distribusi Pelumas di Wilayah DKI
  • Survei Penggunaan, Ketersediaan dan Distribusi Pelumas di Wilayah Manado
  • Penyusunan Manfaat Bantuan Program Koperasi Bagi Peningkatan Peran dan Kesejahteraan Anggota
  • Survey Kebutuhan Minyak Tanah Pada Rumah Tangga Dan Usaha Kecil / Informal Tahun 2003 untuk wilayah Kalimantan Tengah
  • Survey Toko Material Wilayah Jawa Timur per 8 Nopember 2004
  • Survey Kepuasan Pelanggan Gakin Dinkes DKI Jakarta Tahun 2007
  • Pipeline Risk Analysis, Emergency Response Plan & Standard Operating Procedure Development tahun 2008
  • Analisis Resiko Keselamatan Pipa tahun 2008
  • Survey Of Safety Culture Improvement Tahun 2010
  • Safety Culture IMPROVEMENT FOLLOW UP Tahun 2011
  • Policy Analysis and Policy Development in the Health Sector Tahun 2011
  • Development Emergency Response Plan (MERP) & Medical Check Up (MCU) Tahun 2011
  • Peta Potensi Daerah
  • Riset OGB PT. Indofarma di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan dan Makasar
  • Efektifitas Peraturan Perundang-undangan Bagi Anak Jalanan Sebagai Salah Satu Bagian Dari Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial
  • Penyempurnaan Peraturan Perundang-undangan Berdasarkan Kajian Kewenangan UU No.22 Dan 34 Tahun 1999 di Propinsi DKI Jakarta
  • Studi Perencanaan Strategi SDM Badan Pengawasan Obat dan Makanan
  • Pemberdayaan Potensi Ekonomi Wilayah Kumuh di DKI Jakarta
  • Kalian Pelayanan Bidang Kesehatan di Kotamadya Jakarta Barat
  • Kajian Kelayakan 3 Puskesmas Swadana di Kabupaten Lampung Selatan
  • Program Pengembangan Budaya Kewirausahaan
  • Studi Penilaian Pengembangan Polilklinik Bea dan Cukai tahun 2005
  • Kajian Aparatur Bidang Pertanian Departemen Pertanian Republik Indonesia Tahun 2006.
  • Asessment Test Penempatan Pegawai Pada Kantor Pelayanan Utama Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Jakarta Tahun 2006
  • Asessment Test Penempatan Pegawai Pada Kantor Pelayanan Utama Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Jakarta Tahun 2007
  • Kajian Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Kecamatan Palmerah Jakarta Barat Tahun 2007
  • Kajian Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Jakarta Selatan Tahun 2007
  • Kajian Kota Sehat Wilayah Jakarta Timur Tahun 2010
  • Kajian PE (+) dengan ABJ Jakarta Selatan Tahun 2010
  • Penataan Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemkot Depok

Program Pelatihan Terapan

  • Manajemen Bisnis
  • Manajemen Pengembangan Masyarakat
  • Manajemen Pemasaran
  • Komputer Tarapan
  • Public Relation
  • Pelatihan statistik Terapan dan Manajemen data

Bidang Konsultansi

  • Konsultan Riset Pemasaran
  • Senior Manajemen Rumah Sakit PT. Integral Consultindo
  • Penyusunan Renstra Rumah sakit
  • Perencanaan dan Evaluasi Program Rumah Sakit
  • Customer Service
  • Desain dan Fungsi Rumah sakit

Bidang Seminar

  • Seminar Efektifitas Penataan Pedagang Kaki Lima Di DKI Jakarta
  • Program Peningkatan Kompetensi Kelegislatifan Bagi Anggota DPRD Propinsi Sumatera Selatan
  • Seminar Work Shop Marketing Research “Using The Data For Winning Market”
  • Seminar HR Idea & HR Tools Workshop ”Compensation Model”
  • Seminar Manajemen Keuangan Daerah
  • Discussion & Workshop Financial Impact
  • Sosialisasi Pemilu Terhadap Pemilih Pemula Di Jakarta

Bidang Rekruitmen dan Seleksi Penerimaan Pegawai

  • Ujian Seleksi Tes Psikologi “Leadership Skill Dalam Rangka Peningkatan Sistem Kesehatan Daerah”
  • Tes Potensi Akademik Pegawai Bea dan Cukai
  • Tes Seleksi Pendidikan dan Pelatihan Pejabat
  • Fungsional Pemeriksa Dokumen Pegawai Bea dan cukai
  • Sortir Lamaran Untuk Wilayah Cirebon,Pontianak dari Bank Syariah Mandiri
  • Rekruitmen Dan Seleksi Tenaga Surveyor Untuk Survey BBM Tahun 2003 di 13 Propinsi Indonesia
  • Rekrutment dan Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tingkat DIPLOMA III, DIPLOMA I dan Sekolah Menengah Kejuruan Di lingkungan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Departemen Keuangan Tahun Anggaran 2003
  • Rekrutmen dan Seleksi Penerimaan Pegawai Baru Dirjen Bea dan Cukai
  • Rekrutmen dan Seleksi Penerimaan Pegawai Baru PT. Timah, Tbk
  • Test Psikotes dan test kompetensi Penerimaan Pegawai Baru PT. Semen Batu Raja Tahun 2009
  • Pemetaan Kompetensi untuk Pejabat Eselon IV dan Staf di Lingkungan Ditjen Bina Bangda Tahun 2009
  • Psikotest untuk Pegawai tetap Kependidikan Non PNS di FKM UI Tahun 2010
  • Pemetaan Potensi Pegawai di Lingkungan Pemprov Sumatera Barat Tahun 2011
  • Fit and Proper Test untuk Eselonering II BKD Pemkab Pasaman 2011
  • Pemetaan Potensi Pegawai BKD Provinsi Sumatra Barat Tahun 2012

Kerjasama
Pemerintah

  • Pemerintah Kota Depok
  • Pemda DKI Jakarta
  • Biro Hukum Pemda DKI Jakarta
  • Pemda Kodya Depok
  • DIKTI Depdiknas
  • Dinas Kesehatan Pemda DKI Jakarta
  • AUSAID
  • Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM)
  • Dinas Pendidikan Menengah dan Tinggi (DIKMENTI) DKI Jakarta
  • Pemerintah Wilayah Kotamadya Jakarta Timur
  • Direktorat Jenderal Bea dan Cukai
  • Badan Pengawasan Obat dan Makanan Departemen Kesehatan
  • Badan Diklat Propinsi Sumatera Selatan
  • Badan Pengawasan Tenaga Nuklir DKI Jakarta
  • Inspektorat Jenderal DEPDIKNAS
  • Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah Departemen Dalam Negeri
  • Komisi Pemilihan Umum Propinsi DKI Jakarta
  • Pemerintah Wilayah Kotamadya Jakarta Barat
  • BAPEDA DKI JAKARTA
  • Dinas Bina Mental Spiritual Dan Kesejahteraan Sosial
  • Badan Diklat Perhubungan Laut DKI Jakarta
  • Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan
  • Badan Pertanahan Nasional
  • Badan Kepegawaian Daerah Pemerintah Kabupaten Pasaman
  • Badan Kepegawaian Daerah Pemerintah Provinsi Sumatera Barat
  • Lembaga Sandi Negara

Industri

  • PT. Pelita Air Service Jakarta
  • PT. Krakatau Steel Cilegon
  • PT. Multi Consulindo
  • Bank Syari’ah Mandiri
  • PT. Bachraf Karya Utama
  • PT. Mandiri Karya
  • Hotel Indonesia
  • Hotel Rembang Bandung
  • PT. Arsidea
  • Sucofindo
  • PT. Mitra Anda
  • Maersksealand
  • PT. Caltex
  • PT. Surveyor Indonesia
  • Sdmlink.com (Komunitas SDM Indonesia)
  • PT. Telkom Bandung
  • ProAnda Special Training (PAM)
  • Insanika Humanize Human
  • PT. Timah, Tbk
  • PT. Perusahaan Gas Negara (Persero), Tbk
  • PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk.
  • PT. Perfetti Van Melle Indonesia
  • Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI)
  • PT. Banten Inti Gasindo
  • PT. Majuko Utama Indonesia
  • PT. SOHO Farmasi Grup
  • PT. Total Indonesie
  • PT. Indofarma (persero), Tbk
  • PT. Astra Financial Services
  • PT. Biotek Indonesia
  • PT. Sandoz Indonesia

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)

  • Pusat Studi Peradilan Pidana Indonesia (PSPPI)
  • Forum Pemerhati Pembangunan Kota Depok (FP2K)
  • Yayasan Amal Sehat Jakarta
  • Lembaga Perlindungan Hak Asasi Manusia Independen Indonesia (LP-HAM)
  • Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Sosial Ekonomi (LPPSE)
  • Visi Learning and Consulting (VLC)
  • Islamic Medical Association and Network of Indonesia/
  • Perhimpunan Tenaga Profesi Kesehatan Muslim Indonesia (IMANI/ PROKAMI)
  • Komisi Penanggulangan AIDS Nasional (KPAN)
  • Lembaga Kemanusiaan Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU)