Instagram: fkm_ui
This error message is only visible to WordPress admins
Sejarah
Program Magister Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (MKMUI) didirikan pada 1 Juli 1965. Tujuan umum dari program magister ini adalah menghasilkan magister yang memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam lima bidang utama kesehatan masyarakat (biostatistik, epidemiologi, kebijakan dan manajemen kesehatan, ilmu pendidikan dan perilaku, serta dan kesehatan lingkungan).
Visi, Misi, dan Tujuan Program Studi
Visi
Program Studi yang menjadi pusat pengembangan ilmu kesehatan masyarakat yang mampu berkontribusi dalam pembangunan kesehatan di Indonesia dan Asia Tenggara.
Misi
Tujuan Program Studi
Tujuan Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat adalah menghasilkan lulusan magister dengan mutu yang dapat dibanggakan bangsa dan berkontribusi besar untuk pembangunan kesehatan masyarakat di Indonesia, menjunjung tinggi budaya, persatuan dan kesatuan Indonesia tanpa memandang suku dan agama. Program Studi ini diharapkan menghasilkan Pemimpin yang mampu memberikan rekomendasi dalam bentuk intervensi atas masalah kesehatan dengan berbasis bukti, menghargai budaya lokal dan terbuka terhadap keragaman pemikiran.
Profil Lulusan
Profil Lulusan di susun dengan memperhatikan kebutuhan stakeholder dan merujuk kepada beberapa referensi dalam dan luar negeri seperti :
Deskripsi Profil Lulusan
Capaian Pembelajaran
Berdasarkan pada analisis kebutuhan, kebijakan, benchmark dengan naskah akademik kesehatan masyarakat Universitas Indonesia dan universitas ternama di luar negeri, serta perumusan capaian pembelajaran dengan organisasi profesi Ahli Kesehatan masyarakat Indonesia (IAKMI), maka rumusan capaian pembelajaran Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat sebagai berikut:
Capaian Pembelajaran Peminatan Pada Prodi S2 IKM FKM UI
Dalam tabel dibawah ini diperlihatkan Capaian Pembelajaran (CP) dari masing-masing peminatan dibawah Prodi S2 IKM FKMUI
Capaian Pembelajaran Umum Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat | |
1. Mampu mengembangkan pelayanan kesehatan masyarakat tingkat kedua dengan melakukan: pengawasan status kesehatan, diagnosis, investigasi dan penelitian masalah dan gangguan kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya 2. Mampu melakukan penilaian implementasi kebijakan pelayanan kesehatan masyarakat tingkat kedua 3. Mampu pengembangan kebijakan manajerial dan perencanaan program untuk mendukung pelayanan kesehatan masyarakat tingkat kedua 4. Mampu mengembangan metode pemberdayaan masyarakat untuk mengatasi masalah kesehatan masyarakat di tingkat kedua 5. Mampu menilai efekitifitas, aksesibilitas, dan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat tingkat kedua 6. Mampu mengkomunikasikan hasil kerjanya kepada masyarakat dan pemangku kepentingan pelayanan kesehatan masyarakat tingkat kedua 7. Mampu mengaplikasi keilmuan kesehatan masyarakat meliputi epidemiologi, biostatistik, lingkungan dan kesehatan ilmu sosial dan perilaku kesehatan, kesehatan dan keselamatan kerja, administrasi dan kebijakan kesehatan, untuk dapat berperan sebagai peneliti, akademisi, dan pengelola pelayanan kesehatan masyarakat tingka kedua 8. Mampu memimpin kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, pengendalian dan penilaian program 9. Mampu mengelola kegiatan penelitian aplikatif dan evaluatif upaya pelayanan kesehatan masyarakat tingkat pertama dan kedua 10. Mampu memberikan alternatif intervensi kesehatan dengan menghargai budaya lokal, komunikatif, partisipatif dan terbuka terhadap keragaman pemikiran dalam memimpin kelompok kerjanya | |
Capaian Pembelajaran Khusus Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat | |
1. | Peminatan Ekonomi Kesehatan |
Mampu melakukan analisis efisiensi pelayanan dan program kesehatan kesehatan | |
2 | Peminatan Asuransi Kesehatan |
Mampu melakukan analisis masalah manajemen dan kebijakan dalam asuransi kesehatan komersial dan sosial. | |
3 | Peminatan International Public Health |
Mampu merekomendasikan upaya pemecahan masalah kesehatan dengan menggunakan perspektif global | |
4 | Peminatan Manajemen Pelayanan Kesehatan |
Mampu merekomendasikan pemecahan masalahan manajerial, merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi program kesehatan masyarakat pada tingkat regional maupun nasional | |
5 | Peminatan Kebijakan dan hukum Kesehatan |
1. Mampu menganalisis kebijakan dan hukum kesehatan untuk memecahkan masalah sesuai dengan konteks dan dinamika perkembangan kesehatan masyarakat. 2. Mampu mengidentifikasi masalah kesehatan masyarakat pada tingkat regional dan nasional | |
6 | Peminatan Biostatistika |
1. Mampu menerapkan metode statistik yang sesuai dengan benar dalam penelitian kesehatan 2. Mampu menggunakan perangkat lunak aplikasi statistik yang sesuai dengan benar untuk mengolah dan menganalisis berbagai data 3. Mampu merancangan penelitian yang sesuai dengan benar untuk menyelesaikan masalah kesehatan masyarakat 4. Mampu menerapkan metode evaluasi hasil penelitian melalui telaah kritis dan identifikasi ketidaksesuaian serta rekomendasi dari suatu studi bidang kesehatan | |
7 | Peminatan Informasi Kesehatan |
1. Mampu menilai konsep informasi berbasis bukti (evidence based) 2. Mampu memformulasi indikator kesehatan di level Pusat, Propinsi dan Kabupaten Kota 3. Mampu menganalisis data menjadi suatu informasi 4. Mampu menilai pengelolaan Sistem Informasi Kesehatan (SIK), 5. Mampu mengembangkan SIK untuk mendukung Kinerja manajemen kesehatan masyarakat 6. Mampu menilai teknologi informasi dan komunikasi (TIK) terkini 7. Mampu menerapkan perangkat lunak TIK ( Aplikasi manajemen dan analisis data spasial) sebagai sistem penunjang keputusan | |
8 | Peminatan Gizi |
1. Mampu mengevaluasi kebijakan gizi 2. Mampu mengembangkan program intervensi gizi di masyarakat dengan mempertimbangkan aspek sosio-budaya lokal 3. Mampu mengembangan penelitian di bidang gizi kesehatan masyarakat | |
9 | Peminatan Kesehatan Lingkungan |
1. Mampu mengembangkan usaha di bidang kesehatan lingkungan yang berkelanjutan dan berdaya-saing 2. Mampu mengaplikasikan konsep ramah lingkungan yang telah dikembangkan dengan menggunakan pendekatan ilmiah dalam disiplin ilmunya secara profesional. 3. Mampu mengembangkan teknologi terapan di bidang kesehatan lingkungan 4. Mampu melakukan analisis masalah bidang usaha kesehatan lingkungan yang berkelanjutan dan berdaya-saing 5. Mampu mengembangkan konsep baru pendekatan ilmiah dalam disiplin ilmu kesehatan lingkungan 6. Mampu menganalisis perubahan-perubahan lingkungan eksternal yang berpengaruh pada kualitas kesehatan lingkungan 7. Mampu memformulasikan informasi dalam bentuk model pengembangan teknologi dalam melaksanakan upaya kesehatan lingkungan terpadu dan bertanggung jawab | |
10 | Peminatan Epidemiologi Kesehatan Lingkungan |
1. Mampu memaknai ilmu pengetahuan di bidang kesehatan lingkungan 2. Mampu memecahkan permasalahan di bidang kesehatan lingkungan dengan berbasis penelitian yang menggunakan pendekatan metode dan penalaran ilmiah 3. Mampu mengelola riset yang berguna untuk pengembangan upaya kesehatan lingkungan di Indonesia | |
11 | Peminatan Promosi Kesehatan |
1. Mampu mengevaluasi berbagai strategi promosi kesehatan dengan mempertimbangkan aspek sosial budaya 2. Mampu menganalisis masalah kesehatan masyarakat dan melakukan intervensi promosi kesehatan 3. Mampu melakukan pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan dengan mengacu pada budaya lokal serta menganalisis hasilnya 4. Mampu menerapkan konsep dan dinamika hubungan antar manusia dalam menjalin jejaring dan kerjasama dengan mitra dalam promosi kesehatan | |
12 | Peminatan Mutu Layanan Kesehatan |
Mampu menguasai konsep-konsep dasar dan pengembangan mutu layanan kesehatan, standarisasi, SDM untuk mutu, manajemen dan penilaian risiko, pengembangan dan perilaku organisasitotal quality management (TQM), transformasi budaya untuk perbaikan mutu, berbagai cara untuk mengukur berbagai dimensi mutu, pengorganisasian yang efektif, pencapaian manajemen dalam TQM, aspek kuantitatif mutu dan proyek peningkatan mutu | |
13 | Peminatan Kesehatan Reproduksi |
1. Mampu mengembangkan metode penyuluhan kepada masyarakat dalam hal pelayanan Kesehatan Maternal, Kesehatan dan Kelangsungan Hidup Anak, Kesehatan Remaja, Keluarga Berencana dan Penyakit Menular Seksual 2. Mampu mengembangkan metode konseling kepada masyarakat dalam bidang kesehatan reproduksi 3. Mampu mengembangkan program berdasarkan berbagai issue terkini dalam bidang kesehatan reproduksi 4. Mampu menganalisis berbagai Indikator Strategis dalam Kesehatan Reproduksi serta membuat perencanaan programnya | |
14 | Peminatan Kesehatan Mental Komunitas dan Disabilitas |
1. Mampu merancang penelitian yang sesuai dan benar untuk menangani masalah kesehatan mental komunitas dan disabilitas. 2. Mampu menggunakan metode statistik dan perangkat lunak aplikasi yang sesuai dan benar dalam penelitian kesehatan masyarakat terkait kesehatan mental dan disabilitas. 3. Mampu menilai konsep informasi berbasis bukti (Evidence based). 4. Mampu menganalisis data menjadi suatu informasi 5. Mampu memaknai ilmu pengetahuan di bidang kesehatan mental komunitas dan disabilitas 6. Mampu memaknai pengetahuan dan mamahami persoalan disabilitas terkait dengan keterbatasan fisik, intelektual, penyakit dan gangguan mental. | |
15 | Peminatan Manajemen Kesehatan Daerah Berbasis Institusi |
1. Mampu meningkatkan mutu pengelolaan upaya layanan kesehatan masyarakat yang meliputi aspek promotif, preventif dan rehabilitatif serta kuratif. 2. Mampu mengembangkan kemampuan advokasi dan peningkatan mutu serta pengelolaan risiko Kesehatan Kesehatan masyarakat pada sebuah institusi di suatu wilayah. | |
16 | Peminatan Manajemene Kesehatan Daerah Berbasis Wilayah |
Mampu mengelola kesehatan masyarakat dari aspek promotif, preventif dan rehabilitatif dan mengembangkan sistem Kesehatan yang mumpuni berbasis spesifik kewilayahan agar sehingga secara cepat, tepat, terorganisir dan berkelanjutan dalam mengembangkan suatu upaya Kesehatan masyarakat di suatu wilayah. | |
17 | Peminatan Kesehatan Lanjut Usia |
Mampu mengembangkan program/ intervensi kesehatan masyarakat dengan prespektif lanjut usia, melakukan analisis kebijakan kesehatan terkait lanjut usia dan melaksanakan advokasi secara komprehensif dan evaluasi program lanjut usia |
Diagram Alir Mata Kuliah dan Capaian Pembelajaran
Struktur Mata Kuliah Prodi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat
Berikut dalam tabel dibawah ini diperlihatkan struktur mata kuliah dalam komposisi Wajib Fakultas, Wajib Program Studi, Mata kuliah Tugas Akhir dan Mata Kuliah Wajib Peminatan :
List nama Mata Kuliah Wajib Peminatan
a. Peminatan Ekonomi Kesehatan |
NAMA MATA KULIAH |
Ekonomi Kesejahteraan |
Manajemen Keuangan |
Ekonomi Kesehatan |
Ekonometri Pelayanan Kesehatan |
Evaluasi Ekonomi dalam Program Kesehatan |
Pembiayaan Kesehatan |
b. Peminatan Asuransi Kesehatan |
NAMA MATA KULIAH |
Asuransi dan Risiko |
Pembayaran Fasilitas Kesehatan/Provider Payment |
Ekonomi Kesehatan |
Ekonometri Pelayanan Kesehatan |
Asuransi Kesehatan Komersial dan Managed Care |
Jaminan Sosial di Berbagai Negara |
c. Peminatan Manajemen Pelayanan Kesehatan |
NAMA MATA KULIAH |
Sistem Kesehatan |
Manajemen Keuangan |
Ekonomi Kesehatan |
Isu Terkini Manajemen dan Kebijakan Kesehatan |
Manajemen SDM |
Evidence Based Pembangunan Kesehatan |
d. Peminatan Kebijakan dan Hukum Kesehatan |
NAMA MATA KULIAH |
Pengantar Ilmu hukum (Filsafat, Teori, Sosiologi Hukum, Hukum di Indonesia) |
Ekonomi Kesehatan |
Pembuatan Kebijakan Kesehatan |
Hukum Kesehatan |
Evidence Based Pembangunan Kesehatan |
Pilihan Bebas |
e. Peminatan Biostatistika |
NAMA MATA KULIAH |
Demografi Kesehatan |
Rancangan Sampel dan Pengembangan Pengukuran |
Penelitian Kesehatan |
Analisis Data Modern di Bidang Kesehatan |
Statistik Spasial |
Seminar Biostatistika Lanjut |
Pilihan |
f. Peminatan Informasi Kesehatan |
NAMA MATA KULIAH |
Pemrograman dan Pengembangan Jaringan Komputer di Bidang Kesehatan |
Pengembangan Indikator dan Pengumpulan Data Kesehatan |
Sistem Informasi Geografis |
Analisis dan Rancangan Sistem Informasi Kesehatan Intermediet |
Pilihan |
g. Peminatan Gizi Kesehatan Masyarakat |
NAMA MATA KULIAH |
Energi dan Zat Gizi Makro |
Zat Gizi Mikro |
Promosi Gizi |
Gizi dan Penyakit |
Aplikasi Pendekatan Positive Deviance dalam Bidang Gizi |
Gizi Darurat |
Analisis Kebijakan dan Program Gizi Kesehatan Masyarakat |
h. Peminatan Kesehatan Lingkungan |
NAMA MATA KULIAH |
Manajemen Penyakit Berbasis Wilayah |
Kesehatan Lingkungan Bencana dan Tanggap Darurat |
Manajemen Sumber Daya Air, Limbah Cair Industri & B3 |
Pengamanan Pangan dan Pencegahan Keracunan Makanan dan Vektor |
oksikologi, Analisis Risiko dan Audit Kesmas |
Pilihan |
i. Peminatan Epidemiologi Kesehatan Lingkungan |
NAMA MATA KULIAH |
Manajemen Penyakit Berbasis Wilayah |
Surveilans Berbasis Wilayah |
Epidemiologi Penyakit terkait Pencemaran Lingkungan |
Telaah Kritis Epidemiologi Kesehatan Lingkungan |
Toksikologi, Analisis Risiko dan Audit Kesmas |
Pilihan |
j. Peminatan Promosi Kesehatan |
NAMA MATA KULIAH |
Perilaku Kesehatan Intermediet |
Pengorganisasian dan Pengembangan Masyarakat Intermediet |
Perencanaan dan Evaluasi Promosi Kesehatan |
Advokasi Promosi Kesehatan |
Aspek Sosiobudaya Kesehatan |
Komunikasi Kesehatan Intermediet |
Pilihan |
k. Peminatan Kesehatan Mental Komunitas dan Disabilitas |
NAMA MATA KULIAH |
Pengantar Kesehatan Mental Komunitas dan Disabilitas |
Pengorganisasian dan Pengembangan Masyarakat Intermediet |
Stigma dan Diskriminasi Penyakit Kronis |
Perlindungan Sosial dan Layanan Kesehatan |
Advokasi Promosi Kesehatan |
Rehabilitasi Berbasis Komunitas dan Pembangunan Inklusi |
l. Peminatan Mutu Layanan Kesehatan |
NAMA MATA KULIAH |
Strategi dan Manajemen Mutu Layanan Kesehatan |
Standardisasi dan Akreditasi Layanan Kesehatan |
Pemantauan & Penilaian Mutu dan Risiko Kesehatan |
Aspek Kuantitatif Mutu Layanan Kesehatan |
Pengembangan dan Perilaku Organisasi |
Proyek Peningkatan Mutu Layanan Kesehatan |
Pilihan |
m. Peminatan Kesehatan Reproduksi |
NAMA MATA KULIAH |
Keselamatan Ibu, Kelangsungan Hidup Anak Beserta Aspek Epidemiologinya |
Gizi Kesehatan dan Reproduksi Perempuan |
Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan Reproduksi |
Aspek Psikososial Kesehatan Reproduksi |
Kesehatan Reproduksi Lansia |
Kesehatan Reproduksi Remaja 2 |
Penyakit Menular Seksual dan HIV/AIDS |
n. Peminatan International Public Health (Joint Degree) UI dan Curtin University |
NAMA MATA KULIAH |
Analisis dan Kebijakan Kesehatan (Health Policy) |
Gizi dan Penyakit (Public Health Nutrition Principles) |
Kesehatan Lingkungan (Environtmental Health Management) |
Sistem Kesehatan (Organization of Health Care System) |
Aplikasi Pendekatan Positive Deviance dalam Gizi (Public Health Nutrition Practice) |
Respon Kesmas terhadap Perubahan Iklim (Public Health Response to Climate Change) |
Epidemiologi Penyakit Menular (Epidemiology of Infectious Diseases) |
o. Manajemen Kesehatan Daerah Berbasis Wilayah |
NAMA MATA KULIAH |
Sistem Kesehatan |
Isu Terkini Manajemen dan Kebijakan Kesehatan |
Manajemen Penyakit Berbasis Wilayah |
Evidence Based Pembangunan Kesehatan |
Pengorganisasian dan Pengembangan Masyarakat Intermediet |
p. Peminatan Manajemen Kesehatan Daerah Berbasis Institusi |
NAMA MATA KULIAH |
Strategi dan Manajemen Mutu Layanan Kesehatan |
Pemantauan & Penilaian Mutu dan Risiko Kesehatan |
Advokasi Promosi Kesehatan |
Manajemen SDM |
Pengembangan dan Perilaku Organisasi |
Komunikasi Kesehatan Intermediet |
q. Peminatan Kesehatan Lanjut Usia |
NAMA MATA KULIAH |
Perubahan Hormonal & Fisiologi Pada lansia |
Penyakit Tidak Menular Pada Lansia |
Penyakit Menular dan Imunitas Pada Lansia |
Kualitas Hidup Pada Lansia |
Lansia Sukses dan Mandiri |
Dinamika Kependudukan & Layanan Kesehatan Lansia |
Studi Lapangan |
Struktur Organisasi