Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat (Gelar SKM)

Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat (Gelar SKM)

Ketua : Dr. Laila Fitria, S.K.M., M.Kes.

Lokasi : Gedung B Lantai 1, FKM UI Depok

Kontak : (021) 7864975 / 7864979

Tentang Program Studi:

Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat (PSSKM) merupakan salah satu program studi yang berada di bawah naungan Fakultas Kesehatan Masryarakat Universitas Indonesia yang yang merupakan FKM tertua di Indonesia. Adanya PSSKM ini bertujuan mengasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dan kemampuan dalam mengidentifikasi masalah kesehatan masyarakat, memecahkan masalah kesehatan masyarakat, mengimplementasikan intervensi kesehatan masyarakat dan melakukan pembelajaran seumur hidup.

Lulusan dari program studi sarjana Ilmu Kesehatan Masyarakat dididik agar mampu melakukan kajian dan analisis (Analysis and Assessment), memahami dasar-dasar ilmu kesehatan masyarakat (Basic public health sciences), mampu merencanakan dan mengembangkan kebijakan (Policy development and program planning), mampu melakukan komunikasi efektif (Communication), mampu merencanakan dan mengelola sumber dana (Financial planning and management/Resource), mampu mengidentifikasi determinan sosial budaya (Cultural competency/local wisdom), mampu melakukan pemberdayaan masyarakat (Community dimensions of practice), serta mampu memimpin dan berfikir sistem (Leadership and systems thinking/total system).

Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat memiliki 7 peminatan, yaitu Manajemen Asuransi Kesehatan, Adminstrasi dan Kebijakan Kesehatan, Biostatistik, Informatika Kesehatan, Epidemiologi, Promosi Kesehatan dan Kesehatan Produksi.

Program Studi Kesehatan Masyarakat hanya dibuka pada program pendidikan S1 Reguler dengan kuota jalur masuk 50% dari jalur undangan yaitu SNMPTN, dan 50% dari jalur ujian tulis yaitu SBMPTN dan SIMAK-UI.

 

Prodi dan Peminatan yang Diampu

Program studi Sarjana (S1) Kesehatan Masyarakat memiliki 7 bidang peminatan yang terdiri dari :

  1. Peminatan Manajemen Asuransi Kesehatan;
  2. Peminatan Administrasi dan Kebijakan Kesehatan;
  3. Peminatan Biostatistik;
  4. Peminatan Epidemiologi;
  5. Peminatan Manajemen Informasi Kesehatan;
  6. Peminatan Promosi Kesehatan, dan
  7. Peminatan Kesehatan Reproduksi.

Program Studi

Sejarah:

Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (PSSKM UI) diselenggarakan oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKMUI). FKM UI secara resmi berdiri pada tanggal 1 Juli 1965 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Nomor 153 Tahun 1965. FKM UI merupakan fakultas ke tiga belas di lingkungan Universitas Indonesia. Berdirinya FKM UI pada tahun 1965 berlandaskan keinginan untuk mendidik dan menghasilkan tenaga-tenaga di bidang Kesehatan Masyarakat guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat serta mampu menangani masalah bidang Kesehatan Masyarakat di Indonesia.

Berdasarkan kesepakatan antara Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat dengan organisasi profesi bahwa tujuan berdirinya PSSKM UI adalah menghasilkan sarjana (S1) yang memiliki jati diri dan ciri kompetensi yang sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi kesehatan masyarakat serta mampu mendukung program pembangunan kesehatan di Indonesia melalui kebijakan khususnya di bidang kesehatan masyarakat.

 

Visi, Misi dan Tujuan Prodi

Visi

Menjadi program studi unggul dalam menghasilkan Sarjana Kesehatan Masyarakat yang mampu berperan aktif dalam mengatasi masalah kesehatan masyarakat pada tingkat global, khususnya Asia Tenggara, melalui proses pendidikan , riset dan pengabdian masyarakat.

 

Misi

  1. Mengembangkan dan melaksanakan program pendidikan kesehatan masyarakat secara efektif dan efisien
  2. Mendukung mahasiswa untuk berperan aktif melaksanakan riset dan pengabdian masyarakat di bidang kesehatan masyarakat
  3. Menggunakan hasil riset dan kegiatan pengabdian masyarakat untuk pengembangan kurikulum
  4. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dan kemampuan dalam mengidentifikasi masalah kesehatan masyarakat, memecahkan masalah kesehatan, mengimplementasikan intervensi kesehatan masyarakat, dan pembelajaran seumur hidup

 

Tujuan Program Studi

Di dalam menjalan kegiatan program studi maka, Tujuan Pendidikan Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan bermutu tinggi dalam bidang kesehatan masyarakat yang dibutuhkan oleh masyarakat, industri, kebutuhan profesional dan kebutuhan
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu melakukan:
    1. Kemampuan untuk merencanakan dan mengelola sumber dana;
    2. Kemampuan untuk merencanakan dan mengembangkan kebijakan;
    3. Kemampuan untuk melakukan kajian dan analisis di bidang kesehatan;
    4. Kemampuan untuk melakukan pemberdayaan masyarakat;
    5. Kemampuan untuk melakukan komunikasi efektif;
    6. Kemampuan untuk memimpin dan berfikir sistem;
    7. Kemampuan untuk memahami dasar-dasar ilmu kesehatan masyarakat;
    8. Identifikasi determinan sosial budaya.
  3. Menghasilkan penelitian dan pengabdian masyarakat yang memiliki kontribusi pada kemajuan ilmu kesehatan masyarakat.
  4. Mengupayakan relevansi kurikulum dan peningkatan mutu proses pembelajaran kesehatan masyarakat.
  5. Menghasilkan lulusan yang mampu menghadapi perubahan global dengan menguasai keahlian di bidang kesehatan masyarakat yang berlandaskan kreativitas, inovasi, dan kepedulian terhadap kesehatan masyarakat.

 

Profil Lulusan

Deskripsi profil lulusan Sarjana Kesehatan Masyarakat antara lain:

  1. Komunikator dan advokator;
  2. Peneliti;
  3. Manajer dan Administrator;
  4. Leader;
  5. Pendidik.

Secara lengkap profil lulusan Program Studi Sarjana Kesmas adalah:

Sarjana kesehatan masyarakat yang mampu melakukan telaah analitis, berkomunikasi efektif, berfikir secara sistem, dan mampu mengelola intervensi untuk memecahkan masalah kesehatan masyarakat.

 

Capaian Pembelajaran

Berdasarkan pada analisis kebutuhan, kebijakan, benchmark dan organisasi profesi serta organisasi Perguruan Tinggi Kesehatan Masyarakata maka rumusan capaian pembelajaran Sarjana Kesehatan Masyarakat sebagai berikut:

  1. Mampu merencanakan dan mengelola sumber dana pada pelayanan kesehatan Primer;
  2. Mampu menganalisis faktor determinan kesehatan populasi spesifik;
  3. Mampu menganalisis masalah kesehatan masyarakat dengan mempertimbangkan etik, ilmiah, sosio-budaya, dan perspektif ekonomi;
  4. Mampu menerapkan kebijakan kesehatan dan perencanaan program secara operasional untuk mendukung pelayanan kesehatan masyarakat tingkat pertama;
  5. Mampu menerapkan komunikasi efektif dengan menggunakan berbagai media untuk mengkomunikasikan hasil kerjanya kepada masyarakat dan pemangku kepentingan pelayanan kesehatan masyarakat tingkat pertama;
  6. Mampu menerapkan pendidikan dan pemberdayaan masyarakat tentang kesehatan dan mobilisasi masyarkat untuk identifikasi dan mengatasi masalah kesehatan masyarakat ditingkat pertama;
  7. Mampu menerapkan prinsip ilmu kesehatan masyarakat dalam menangani masalah-masalah kesehatan dan mampu beradaptasi dalam perkembangan ilmu dan teknologi kesehatan;
  8. Mampu memimpin dan berpikir sistem.

 

Struktur Kurikulum

Struktur Kurikulum Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat FKM UI dapat dilihat pada bagan berikut.

 

STRUKTUR ORGANISASI PROGRAM STUDI SARJANA KESEHATAN MASYARAKAT