Program Studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Gelar MKKK)

Program Studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Gelar MKKK)

Sejarah

Program Studi Magister Keselamatan dan Kesehatan Kerja FKM UI merupakan perintis pendidikan pasca sarjana bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Indonesia. Dikembangkan pada tahun 1996 dan kemudian mendapatkan izin operasional sesuai SK Dirjen Dikti No.428/DIKTI/Kep/1998. Selanjutnya pada tanggal 7 Februari 2000 dikelola oleh Departemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja FKM UI sesuai dengan SK Rektor UI No: 018/SK/R/UI/2000. Saat ini Program Studi Magister Keselamatan dan Kesehatan Kerja FKM UI memiliki Akreditasi A dari LAM PT KES (29 Januari 2019 – 29 Januari 2024).

Visi, Misi dan Tujuan Prodi

Visi Program Studi Magister Keselamatan dan Kesehatan Kerja FKM UI adalah “Mewujudkan pendidikan Magister Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang berkualitas dan unggul dalam pengembangan keilmuan dan teknologi di bidang K3, sehingga dikenal luas pada tingkat nasional, regional dan internasional dalam bidang K3 yang didukung oleh kuantitas dan kualitas sumber daya/resources yang baik.”

Misi Program Studi Magister Keselamatan dan Kesehatan Kerja FKM UI:

  1. Menyelenggarakan aktivitas akademik meliputi Pendidikan dan pengajaran, dalam rangka menghasilkan lulusan yang bermutu, handal dan mampu mengembangkan keilmuan dan teknologi di bidang K3 dalam menghadapi tantangan K3 di dunia industri, pemerintahan dan masyarakat.
  2. Menjadikan Program Studi Magister K3 sebagai rujukan dalam penyelenggaraan program pendidikan magister K3 di Indonesia.
  3. Menjadikan Program Studi Magister K3 sebagai pusat pengembangan dan model keilmuan dan teknologi di bidang K3 yang terdepan di tingkat nasional, regional dan internasional melalui kegiatan Pendidikan yang berkualitas.

Tujuan Program Studi Magister Keselamatan dan Kesehatan Kerja FKM UI:

  1. Menciptakan lulusan yang mempunyai ketajaman analisis dan kemandirian berfikir dalam memahami keselamatan dan kesehatan kerja dari segi akademis maupun segi praktis seperti dalam pengembangan dan pengelolaannya di perusahaan maupun dalam kehidupan masyarakat umum.
  1. Menciptakan lulusan yang mampu berpikir dengan kerangka sistem dalam rangka mengintegrasikan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja ke dalam sistem manajemen perusahaan dan sistem kehidupan masyarakat umum.

Menciptakan lulusan yang mampu mengembangkan wacana sistem keselamatan dan kesehatan kerja dalam setiap aspek kegiatan di perusahaan maupun dalam kehidupan masyarakat umum.

 

Profil Lulusan

 

Capaian Pembelajaran

  1. Mampu mengembangkan konsep keilmuan dan teknologi bidang K3 di dunia industri, pemerintahan dan masyarakat.
  2. Mampu merumuskan permasalahan dan isu terkini dalam bidang K3 di dunia industri, pemerintahan dan masyarakat.
  3. Mampu merekomendasikan alternatif solusi permasalahan dalam bidang K3 yang kontekstual, komprehensif dan aplikatif di dunia industri, pemerintahan dan masyarakat.
  4. Mampu mengelola penerapan program dalam bidang K3 dengan pendekatan multidimensi di dunia industri, pemerintahan dan masyarakat.

 

Struktur Kurikulum

 

Struktur Organisasi

Ketua Program Studi MK3           : Dr. dr. Zulkifli Djunaidi, M.App.Sc.

Sekeretaris Program Studi MK3   : Dr. Dadan Erwandi, S.Psi., M.Si.