Humas +62 21 7864975

Pusat Kajian dan Terapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Pusat Kajian dan Terapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Gedung G Lantai 3, Fakultas Kesehatan Masyarakat
Universitas Indonesia, Depok , Jawa Barat-Indonesia
Telp. 021-78849037/38
Fax. 021-78849038
Email. pkatiga@ui.ac.id
Website: http://pktk3.ui.ac.id/

Ketua : Doni Hikmat Ramdhan, SKM, MKKK, PhD

Pada awal pengembangannya, PKTK3 FKM UI baru membantu perusahaan migas. Namun dalam perkembangannya PKTK3 FKM UI telah bekerjasama dengan industri lain seperti pertambangan, pelayanan, perusahaan pesawat dan kapal laut memperlihatkan itikad baik agar memperoleh pelayanan serupa.

PKTK3 melihat K3 sebagai aturan baik bagi individu maupun kelompok. K3 tidak hanya mengatur dan membangun aspek SDM, tapi juga berbagai ilmu yang melindungi aspek SDM (budaya, perilaku, pengetahuan, dan kemampuan dalam sistem resiko, dan pengetahuan untuk mengelolanya), teknologi, manajemen, kesehatan/obat-obatan, psikologi, hukum, sosial, budaya, dll.

Ruang Lingkup Pelayanan
Ruang lingkup kegiatan PKTK3 meliputi kegiatan konsultasi, penelitian, dan pelatihan.

  • KONSULTASI
    Konsultasi ahli yang berasal dari anggota fakultas dan/atau profesional pada bidang K3, yang bertujuan untuk membantu perusahaan dalam menghadapi permasalahan yang berkaitan K3. Konsultasi meliputi pelbagai aspek K3, seperti fase pengenalan, analisa, dan evaluasi.
  • PENELITIAN / SURVEY / ANALISA / PENGUJIAN
    Penelitian dan survey adalah masalah utama dalam melaksanakan K3 dalam perusahaan. Perusahaan kesulitan dalam menjelaskan pelaksanaan K3 dan melakukan penelitian dan survey. PKTK3 membantu dalam pengadaan kegiatan penelitian dan survey guna memperoleh analisa yang lebih baik seperti analisa resiko, pengukuran lingkungan kerja, survey budaya keselamatan, dan survey ergonomi.
  • PELATIHAN
    Pelatihan merupakan pendekatan dalam pelaksanaan K3. Pelatihan membantu pekerja dalam memperluas pengetahuan mengenai K3 dan meningkatkan produktifitas. PKTK3 menawarkan program pelatihan sebagai berikut: Behavior Based Safety, Accident Investigation & Prevention, Risk Management, Applied Ergonomic and Hearing Conservation Program for Manager.